Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage, Operating Capacity, dan Sales Growth Terhadap Financial Distress pada PT Krakatau Steel (Persero) Tbk

  • Mutmainnah Mutmainnah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Nurul Huda Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima

Abstract

: Setiap perusahaan pasti memiliki fase naik dan turun perfoma, termasuk dari segi keuangan. Financial distress adalah peristiwa penurunan kinerja keuangan perusahaan secara terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Bagi perusahaan, financial distress adalah salah satu kondisi penyebab kebangkrutan paling sering. Sebab berbeda dengan penurunan laba biasa, nominal kerugian karena financial distress bisa sangat besar hingga mempengaruhi kelancaran operasional perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio likuiditas, leverage, operating capacity dan sales growth terhadap financial distress pada PT Krakatau Steel (Persero), Tbk. PT Krakatau Steel (Persero), Tbk bergerak pada bidang Industri Baja. PT Krakata Steel (Persero), Tbk didirikan pada tanggal 23 Oktober tahun 1997. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian asosiatif yaitu mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Populasi penelitian yang akan dilaksanakan oleh peneliti adalah 11 tahun terakhir dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2020 menggunakan purposive sampling dengan kriteria (1) komponen data laporan keuangan perusahaan yang tersedia ada sesuai kebutuhan peneliti dan (2) data ter up to date. Pada penelitian ini data di olah menggunakan software SPSS V.22, untuk menguji data menggunakan analisis regresi linier berganda. Temuan hasil penelitian ini yaitu Leverage, Operating Capacity dan Sales Growth tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Financial Distress, namun, Likuiditas berpengaruh negative secara signifikan terhadap Financial Distress, dan Secara simultan Likuiditas, Leverage, Operating Capacity dan Sales Growth tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Financial Distress.

References

Asquith, P., R. Gertner, & D. Scharfstein. (1991). Anatomy Of Financial Distress; An Examination Of Junk-Bond Issues. National Bureau Of Economic Research, 2, 3942.
Atika, dkk. (2012). Pengaruh Beberapa Rasio Keuangan terhadap Prediksi Kondisi Financial Distress (Studi pada Perusahaan Tekstil dan Garmen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2011). Jurnal Penelitian.
Augustpaosa Nariman. (2016). Analisi Prediksi Kebangkrutan dan Harga Saham pada perusahaan Pertambangan Batu Bara. Riset Akuntansi Dan Keuangan, 12(2).
Fahmi Irham. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Mutivariate dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro.
Kasmir, S. M. (2010). Pengantar Manajemen Keuangan. (2nd ed.). Pramedia Group.
Lisiantara, G. A., Febrina, L., Ekonomika, F., Bisnis, D., Semarang, U. S., & Id, A. C. (2018). Likuiditas, Leverage, Operating Capacity, Profitabilitas, Sales Growth Sebagai Preditor Financial Distress (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016).
Luh, N., Widhiari, M. A., Lely, N. K., & Merkusiwati, A. (n.d.) (2015). Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage, Operating Capacity, Dan Sales Growth Terhadap Financial Distress. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.
Mahaningrum, A. A. I. A., & Merkusiwati, N. K. L. A. (2020). Pengaruh Rasio Keuangan pada Financial Distress. E-Jurnal Akuntansi, 30(8), 1969. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i08.p06
Platt, H. , and M. B. Platt. (2002). “Predicting Financial Distress”. Journal of Financial Service Professionals (Vol. 56).
Rizki Novia Pertiwi, Arif Hartono, & Ika Farida Ulfah. (2022). Pengaruh Rasio Likuiditas, Laverage, Operating Capacity Terhadap Financial Distress Pada Perusahaan Cosmetics And Household. Ekonomi Syariah Darussalam, 3(1).
SANDHI, RIZQI KARUNIA. (2020). Pengaruh Leverage, Sales Growth, Operating Capacity Dan Likuiditas Terhadap Financial Distress (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018).
Setyawati, Linna. (2021). Pengaruh Likuiditas, Laverage, Operating Capacity Dan Sales Growth Terhadap Financial Distress. Manajemen Diversivikasi, 1(3).
Shilpa, N. C. , & A. M. (2017). Corporate Financial Distress. Analysis of Indian Automobile Industry. SDMIMD Journal of Management, 8(1), 47–54.
Sujarweni, W. (2014). Metodologi Penelitian. Pustaka Baru.
Tazkia, A. N. (2019). Pengaruh Corporate Governance, Leverage dan Operating Capacity terhadap Financial Distress Perusahaan Keluarga di Indonesia (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI 2015- 2017). .
Triwahyuningtias, & Meilinda. (2012). Analisa Pengaruh Struktur Kepemilikan, Ukuran Dewan, Komisaris Independen, Likuiditas dan Leverage Terhadap Terjadinya Kondisi Financial Distress. [Unpublished Thesis]. Universitas Diponegoro.
Wiagustini, & Ni Luh Putu. (2010). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Udayana University Press.
Widarjo, W. dan D. S. (2009). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Kondisi Financial Distress Perusahaan Otomotif. Bisnis Dan Akuntansi, 11(2), 107–119.
Yeni Yustika. (2015). PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, PROFITABILITAS,OPERATING CAPACITY DAN BIAYA AGENSI MANAJERIAL TERHADAP FINANCIAL DISTRESS. Jom Fekom, 2(2).
Published
2022-06-14
How to Cite
Mutmainnah, M., & Huda, N. (2022). Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage, Operating Capacity, dan Sales Growth Terhadap Financial Distress pada PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi, 15(1), 20-28. https://doi.org/https://doi.org/10.58431/jumpa.v15i1.191
Section
Articles