Strategi Pedagang Kaki Lima Dalam Meningkatkan Pendapatan di Masa Pasca Pandemi Covid 19

  • Mohammad Noor Khairullah Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
  • Sukma Irdiana Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
  • Kurniawan Yunus Ariyono Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
  • Kusnanto Darmawan Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh pedagang kaki lima (PKL) dalam meningkatkan pendapatan di masa pasca pandemi Covid 19, dan apa saja kendala yang dihadapi oleh pedagang kaki lima dalam meningkatkan meningkatkan pendapatan di masa pasca pandemi Covid 19. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data seperti reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan diantaranya strategi yang dilakukan pedagang kaki lima yaitu menjaga kualitas produk, penetapan harga produk yang sesuai, melakukan promosi, pemilihan tempat yang strategis, dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pembeli dan kendala yang dihadapi oleh pedagang kaki lima meliputi kendala lokasi usaha dan kendala modal usaha.

Kata Kunci: Strategi, PKL, Penghasilan, Kesejahteraan

References

Akdon. (2011). Strategic Management For Educational Management (Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan). Alfabeta.
Amanaturrohim, H., & Widodo, J. (2016). Pengaruh Pendapatan Dan Konsumsi Rumah Tangga Terhadap Kesejahteraan Keluarga Petani Penggarap Kopi Di Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 468–479.
Bahri. (2019). Pengantar Kewirausahaan (D. Rachmawati (ed.)). PUSTAKA BARU PRESS.
Christina Menuk S, & Wibowo, T. S. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima Studi Kasus Pkl Di Surabaya. Majalah Ekonomi, 21(1411), 185–192.
Damayanti, I. (2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang di Pasar Gede Kota Surakarta. Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sebelas Maret.
Dr. H. A. Rusdiana Drs. M.M. (2013). Kewirausahaan Teori Dan Praktik (2nd ed.). CV PUSTAKA SETIA.
Evitasari, R. Y., & Kisworo, B. (2020). Wirausaha Home Industri Mebel Dalam Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Keluarga. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 5(1), 62–74. https://doi.org/10.30870/e-plus.v5i1.8095
Fahrudin, A. (2012). Pengantar Kesejahteraan Sosial. Refika Aditama.
Indraswari, T., Sari, S. P., Dewi, K. S., & Lestiyadi, A. P. (2021). Pelatihan Keterampilan Dan Kreativitas Guna Meningkatkan Penghasilan Rumah Tangga (Studi Kasus Pada Kantor Kelurahan Ciputat, Ciputat, Tangerang Selatan). Efisiensi Meningkatkan Barang Habis Pakai Guna Meningkatkan Kas Dan Menejemen Keuangan Yang Baik, 1(2), 56–66.
Ishak, I. (2012). Kajian Indikator Kesejahteraan Keluarga. Dalam Seminar Penggunaan Data-data Hasil Penyelidikan,Daripada Persepsi Ke Realiti:Malaysia:Lembaga Penduduk dan Pembangunan Keluarga Negara.
Ismail, A. U. (2015). Kesejahteraan Sosial Perspektif Al-Qur`an. EMPATI: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 4(1), 45–57. https://doi.org/10.15408/empati.v4i1.9766
Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 99 Tahun 1998 Tentang Bidang/Jens Usaha Yang Dicadangkan Unutk Usaha Kecil Dan Bidang/Jenis Usaha Yang Terbuka Unutk Usaha Menengah Ayau Usaha Besar Dengan Syarat Kemitraan.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran (13. Jilid). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management 13. Pearson Prentice Hall, Inc.
Kurniawan, G. (2019). Kewirausahaan di Era 4.0. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 1). SASANTI INSTITUTE.
Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2), 117–125. https://doi.org/10.7454/jsht.v2i2.86
Munawaroh, M., Rimiyati, H., & Fajarwati. (2016). KEWIRAUSAHAAN Untuk Program Strata 1 (1st ed.). LP3M UMY.
Nazarudin. (2019). Manajemen Strategi. https://doi.org/10.31227/osf.io/xu37y
NUR, M. (2015). Strategi Peningkatan Usaha Pedagang Kaki Lima Di Kecamatan Turikale Kabupaten Maros. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 125 Tahun 2012 Tentang Koordinasi Penataan Dan Pember dayaan Pedagang Kaki Lima.
Puspitawati, H. (2013). Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga. Institut Pertanian Bogor.
Putra, I. G. C., & Sunarwijaya, I. K. (2016). Pada Pendapatan Pedagang Pasar Seni Sukawati Setelah Berkembangnya Pasar Oleh-Oleh Modern ( Universitas Mahasaraswati Denpasar ). 21–31.
Rafidah. (2019). Strategi dan Hambatan Pedagang Kaki Lima Dalam Meningkatkan Penjualan ( Studi Kasus PKL di Telanaipura Kota Jambi ). IJIEB: Indonesian Journal of Islamic Economics and Business, 4(2), 55–69.
Rahayu, I. E. (2020). Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Kaki Lima Di Alun-Alun Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/10009/
Ristyawati, A. (2020). Efektifitas Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Masa Pandemi Corona Virus 2019 oleh Pemerintah Sesuai Amanat UUD NRI Tahun 1945. Administrative Law and Governance Journal, 3(2), 240–249. https://doi.org/10.14710/alj.v3i2.240-249
Ritonga, Z. (2020). Buku Ajar Manajemen Strategi (Teori Dan Aplikasi). Cv Budi Utama. https://books.google.co.id/books?id=9jT4DwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Rostiana, E., & Horas, D. (2018). Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Dalam Mewujudkan Keluarga Sejahtera. Diandra Kreatif.
Septiani, S., Nur, T., & Purwanti, D. (2019). Strategi Dinas Koperasi, Umkm, Perdagangan Dan Perindustrian Dalam Penataan Pedagang Kaki Lima Kota Sukabumi (Studi Kasus Jalan Kapten Harun Kabir). 2(3), 62–74.
Setiaji, K., & Fatuniah, A. L. (2018). Pengaruh Modal, Lama Usaha dan Lokasi Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Pasca Relokasi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 6(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jpeb.006.1.1
Sugiyono, P. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. CV. Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif (C. Alfabeta (ed.)).
Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. CV.Alfabeta.
Sundari, I. (2019). Strategi Pedagang Kaki Lima Dalam Meningkatkan Penghasilan Untuk Kesejahteraan Keluarga Studi Pada Pedagang Kaki Lima Di Jalan Arif Rahman Hakim Telanaipura Kota Jambi. 138–155.
Undang-Undang nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2009 Tentang Perkembangan Kependudukan Dan Pembangunan Keluarga.
Utari, T., & Dewi, P. M. (2014). Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan Dan Teknologi Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kawasan Imam Bonjol Denpasar Barat. Journal of Chemical Information and Modeling, 3(12), 577–585.
Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti, . (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59–66. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/11
72
Published
2022-12-01
How to Cite
Khairullah, M., Irdiana, S., Ariyono, K., & Darmawan, K. (2022). Strategi Pedagang Kaki Lima Dalam Meningkatkan Pendapatan di Masa Pasca Pandemi Covid 19. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi, 15(2), 85-96. https://doi.org/https://doi.org/10.58431/jumpa.v15i2.201