Kepuasan Konsumen sebagai Mediasi Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Online dalam Keputusan Pembelian Pengguna Produk Shopee di Surabaya

  • Rismawati Rismawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
  • Dewi Urip Wahyuni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
  • Masudi Lestari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
Keywords: Digital Marketing, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian, Kepuasan Konsumen

Abstract

Teknologi merupakan komponen utama yang menjadi salah satu media informasi yang sangat signifikan pada saat ini. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis digital marketing mampu mempengaruhi keputusan pembelian baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan konsumen. Dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan online terhadap Keputusan pembelian secara signifikan dan tidak signifikan, baik memiliki hubungan langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan konsumen. Metode penelitian yang dilakukan ini adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yaitu Teknik Purposive Sampling dipilih karena dapat merepresentasikan hasil yang akurat dan sesuai dengan tujuan penelitian. Teknik pengumplan data dalam penelitian ini terdiri dari kuesioner, artikel website, artikel jurnal, penelitian yang harus dipublikasikan, berita serta lapora yang termasuk dalam data sekunder. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan jalur (path) PLS, karena mampu memberikan keterkaitan antar variable, PLS menggunakan metode bootstrapping atau penggandaan secara acak. Hasil penelitian yang dilakukan antara lain digital marketing memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan, pengaruh digital marketing berpengaruh positif dan signifikan, kualitas pelayanan online berpengaruh positif dan signfiikan terhadap kepuasan kinsumen, kualitas pelayanan online pada Keputusan pembelian berpengaruh positif dan signfiikan, kepuasan konsumen pada Keputusan pembelian berpengaruh positif namun tidak signfiikan. Selanjutnya hubungan secara tidak langusng digital marketing yang dimediasi oleh kepuasan konsumen secara positif namun tidak signfiikan, selanjutnya kualitas pelayanan online yang dimediasi oleh kepuasan konsumen terhadap Keputusan pembelian berpengaruh positif namun tidak signifikan

References

Abidin, Z., & Triono, L. D. (2020). Fresh frozen fish consumer behavior: Effect of the mix and trust marketing on buying interest, purchase decision and customer satisfaction in E-commerce, silly fish Indonesia. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 493(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/493/1/012041
Aisy RR. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Loyalty. Jurnal Ekonomi, 1(1), 1–160.
Alimudin, A., Falani, A. Z., & Mayestino, A. M. (2022). The Effect of Promotional Strategies Through Social Media Marketing on Sales Volume of Micro Small and Medium Enterprises Post-Covid-19 Pandemic. 5(4), 1–9.
Ambarwati, R. D., & Pradana, M. (2020). The effect of free shipping and online customer review on purchasing decision at shopee. In e-Proceesings Randau (Vol. 1, Issue 3).
Anggriana, R., Qomariah, N., & Santoso, B. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online “Om-Jek” Jember. JSMBI ( Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia ), 7(2), 137–156.
Ayuni, R. F. (2019). the Online Shopping Habits and E-Loyalty of Gen Z As Natives in the Digital Era. Journal of Indonesian Economy and Business, 34(2), 168. https://doi.org/10.22146/jieb.3984
AZ, S. M. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Kepercayaan Merek, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario (Studi pada pengguna Motor Honda Vario di Kecamatan Muara Bulian). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 18(1), 116. https://doi.org/10.33087/jiubj.v18i1.439
Bahar, A., & Sjahruddin, H. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 3, 14–34. https://osf.io/preprints/inarxiv/tc2fe/
Bisnis, I., & Informatika, D. A. N. (n.d.). Kualitas layanan online.
Candra Irawan, I. (2020). Analisis e-marketing terhadap keputusan pembelian konsumen secara online. Journal of Business and Banking, 9(2), 247. https://doi.org/10.14414/jbb.v9i2.1907
Cao, Y., Ajjan, H., & Hong, P. (2018). Post-purchase shipping and customer service experiences in online shopping and their impact on customer satisfaction: An empirical study with comparison. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 30(2), 400–416. https://doi.org/10.1108/APJML-04-2017-0071
Covid-, D. E. P. (2021). Pengaruh Strategi Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen. XII(3), 365–372.
Dagumboy, E. C. (2019). Coverage index of various communication platforms: a segmented approach to philippine university marketing. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 3(3), 287. https://doi.org/10.25139/jsk.v3i3.1842
Ecobisma, J., No, V., Kedokteran, M., & Medan, M. (2016). Jurnal Ecobisma Vol 3 No. 1 Jan 2016. 3(1), 116–131.
Fadhillah Budiarto, I., & Qomariah, N. (2020). THE INFLUENCE OF DIGITAL MARKETING, SERVICE QUALITY, AND BRAND IMAGE ON CUSTOMER SATISFACTION (Study on Chicken Geprek Kang Ewok Bondowoso). Ijccs, x, No.x(x), 1–5.
Fadhli, K., & Pratiwi, N. D. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi ZIO Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 603–612. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/684
Gong, T., & Yi, Y. (2018). The effect of service quality on customer satisfaction, loyalty, and happiness in five Asian countries. Psychology and Marketing, 35(6), 427–442. https://doi.org/10.1002/mar.21096
Gunawan, A. C., & Susanti, F. (n.d.). Maybelline Di Kota Padang.
H Kara, O. A. M. A. (2014). 済無No Title No Title No Title. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.
Indra, H. (2017). Pengaruh Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Dan Dampaknya Terhadap Customer Loyality Pada Perusahaan Jasa. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 5(2). https://doi.org/10.35137/jmbk.v5i2.112
Indrayani, H., & Sunarto, S. (2019). Fandom: Strategi Komunikasi Pemasaran 3.0 Untuk Melanggengkan Fantasi Nasionalisme Melalui Olahraga. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 5(01), 015. https://doi.org/10.30813/bricolage.v5i01.1741
Isnan, M. A. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Online Reservation Ticket Terhadap Kepuasan Pelanggan ( Studi Kasus pada PT Kereta Api Indonesia Daop 4 Semarang ). Jurnal Studi Manajemen & Organisasi 11, 11, 143–152. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/smo
Kecamatan, D. I., & Barat, S. (2013). Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. 2(1), 1–13.
Li, H., Liu, Y., & Suomi, R. (2009). Measurement of eservice quality: An empirical study on online travel service. 17th European Conference on Information Systems, ECIS 2009.
Liu, C., & Arnett, K. P. (2000). Exploring the factors associated with Web site success in the context of electronic commerce. Information and Management, 38(1), 23–33. https://doi.org/10.1016/S0378-7206(00)00049-5
Lucyantoro, B., & Rachmansyah, M. (2018). Penerapan Strategi Digital Marketing, Teori Antrian Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus di MyBCA Ciputra World Surabaya). Jurnal Ekonomika ’45, 5(1), 39–40.
Lugra Agusta Pranawa, I. P., & Abiyasa, A. P. (2019). Digital Marketing dan Hedonisme Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(4), 58. https://doi.org/10.38043/jmb.v16i4.2250
Nasution, A. E., Pratami, L., Muhammad, P., & Lesmana, T. (2019). Analisis Pengaruh Harga , Promosi , Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. 1(1), 165–173.
NATSIR, K., & MIMI, M. S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Apartemen Mediterania Garden Residence Di Jakarta Barat. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 164. https://doi.org/10.24912/jmieb.v2i1.1716
Prasetya, D. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Kemudahan, Keamanan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Situs Shopee. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/98659%0Ahttp://eprints.ums.ac.id/98659/1/Naskah Publikasi.pdf
Rahmat, H. (2015). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Lampu Philips (Studi Kasus Pada Mahasiswa Telkom University). Ecodemica, III(1), 305–310. https://doaj.org/article/700ed6e64b1941608a3db96cecf2ecd7
Rapitasari, D. (2016). Digital marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasaan Pelanggan. Jurnal Cakrawala, 10(2), 107–112. http://www.cakrawalajournal.org/index.php/cakrawala/article/view/36
Researcher, Q. M. (2018). Jack Ellingham Qualitative Market Researcher.
Sastra Millenium, A., Suardana, I. W., & Kusuma Negara, I. M. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Startup Bike Rental Bananaz Bali. Jurnal IPTA, 9(1), 173. https://doi.org/10.24843/ipta.2021.v09.i01.p17
Sheth, J. N., & Kellstadt, C. H. (1992). A Normative Model of Retaining Customer Satisfaction. P.D Converse Awards Symposium, January 1994, 2–19.
Sidi, A. P. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Digital Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Kedai Hj.S Jl. Kesumba Kota Malang). Jurnal JIBEKA, 12(1), 1–8.
Sudirman, I. M. S. A. S., & Suasana, I. G. A. K. G. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Online Terhadap Kepuasan, Komitmen, Dan Loyalitas Nasabah Internet Banking Di Kota Denpasar. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(4), 473–488. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v1i4.52
Suryani, S., & Rosalina, S. S. (2019). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating (Studi pada Startup Business Unicorn Indonesia). Journal of Business Studies, 04(1), 49.
Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588
Sulistyan, R. B., Carito, D. W., Cahyaningati, R., & Muttaqien, F. (2023). Application of Digital Marketing in Efforts to Empower Productive Communities and Preserve Banyuwangi Culture. International Journal of Public Devotion, 6(1), 75-82. https://doi.org/10.26737/ijpd.v6i1.4075
Trilestari, E. W. (2004). Keikutsertaan Masyarakat dalam Membangun Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 1(1), 1–15.
Widodo, S. (2018). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Siklus Hidup Produk ( Product Life Cycle ). Kajian Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 4(1), 84–90. http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jepa/article/view/546
William G Zikmund. (2013). Business Research Methods. South-Western College Pub, 63.
Yusshinta, A., Alimudin, A., Purwanto, E. W., Suyono, J., & Elisabeth, D. R. (2020). Analysis of the effect of work discipline and reward on work performance through work motivation. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 59, 2664–2675.
Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 6(2), 43–48. https://doi.org/10.34010/komputa.v6i2.2476
Published
2024-07-30
How to Cite
Rismawati, R., Wahyuni, D. U., & Lestari, M. (2024). Kepuasan Konsumen sebagai Mediasi Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Online dalam Keputusan Pembelian Pengguna Produk Shopee di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi, 17(2), 52-62. https://doi.org/https://doi.org/10.58431/jumpa.v17i2.250