Peran Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, dan Persepsi Konsumen terhadap Keputusan Konsumen pada Dapuram Banyuwangi
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, promosi dan persepsi konsumen terhadap keputusan konsumen pada Dapuram Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen Dapuram dengan jumlah yang tidak diketahui. Teknik sampling menggunakan accidental sampling dengan total sampel 50. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh antara variabel harga dan promosi terhadap keputusan konsumen di Dapuram Banyuwangi. Variabel promosi merupakan variabel yang memiliki koefisien beta yang besar. Artinya keputusan konsumen lebih banyak dipengaruhi oleh variabel promosi dibandingkan variabel lainnya. Harga dan Promosi menjadi hal penting untuk dapat mempengaruhi suatu keputusan konsumen untuk melakukan pembelian sehingga dapat dijadikan salah satu strategi untuk meningkatkan penjualan dan kunjungan. Sedangkan variabel kualitas pelayanan dan persepsi konsumen tidak berpengaruh terhadap keputusan konsumen di Dapuram Banyuwangi.
References
Dwimala, B., & Maimunah, M. (2020). Analisis Bauran Pemasaran untuk Mempengaruhi Permintaan Pasar dalam Memilih TK. Studia Manageria, 2(2), 165-182.
Dwitama, A., & Malonda, E. S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Ilmu dan Riset Manajemen, 4(12), 395-409.
Husna, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Harga, Kualitas Produk Dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Ayam Geprek Warung Endus Sibuaya. Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 1(3), 311-320.
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2), 151-172.
Nugroho, A. S., & Yulianto, A. E. (2024). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Rumah Makan Teras Melody. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 13(1).
Pantilu, D., Koleangan, R. M., & Roring, F. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warunk Bendito Kawasan Megamas Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).
Sardanto, R., & Ratnanto, S. (2016). Pengaruh Persepsi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Angkringan Kota Kediri. BENEFIT, 3(1), 31-44.
Syahrir, M., & Sabilu, Y. (2021). Hubungan Pemanfaatan Sarana Pelayanan dengan Kejadian Hipertensi Pada Masyarakat Pesisir Kecamatan Kolono Timur. Nursing Care and Health Technology Journal (NCHAT), 1(2), 64-71.
Tantia, D. R., Pujiati, P., & Nurdin, N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. JEE (Jurnal Edukasi Ekobis), 5(5).
Tien, O. T. N. R. O., Rakhmah, N., Darutama, A. D. A., & Kurniawat, F. K. F. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Kuliner Gemek Kedungwuni. Sahmiyya: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 246-256.
Widiyanti, A. (2017). Pengaruh Persepsi Konsumen Tentang Atribut Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Rumah Makan Bebek Belur Bandar Lampung.
Yatminiwati, M., Setyobakti, M. H., Sulistyan, R. B., & Ermawati, E. (2021). Social Entrepreneurship in MSME Development. International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Sciences, 2(3), 239-243.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.