Jurnal Manajemen dan Penelitian Akuntansi (JUMPA) https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA <p>Jurnal Manajemen dan Penelitian Akuntansi (JUMPA) adalah jurnal penelitian dibidang manajemen dan akuntansi yang diterbitkan oleh STIE Cendekia Bojonegoro. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun (Januari-Juni dan Juli-Desember). Fokus jurnal ini dibidang Manajemen (Manajemen Bisnis, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Strategi, Manajemen Operasi, dan Sistem Informasi Manajemen) dan Akuntansi (Akuntansi Keuangan, Akuntansi Syariah, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Perpajakan, Audit, Akuntansi Keperilakuan, dan Sistem Informasi Akuntansi). P-ISSN 1693-3907, dan E-ISSN 2746-7147.</p> en-US lppm@stiekia.ac.id (Abdul Azis Safii) dimas@stiekia.ac.id (Dimas Cahya) Mon, 11 Aug 2025 06:38:09 +0000 OJS 3.1.0.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Greenwashing memberikan Pengaruh Pada Niat Beli Hijau yang dimediasi Word of Mouth: Perspektif Theory of Planned Behaviour https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/319 <p><em>Greenwashing has a negative impact on the environment and will certainly have an effect on consumer doubts in consuming environmentally friendly products. The purpose of this study is to test the effect of greenwashing on green purchase intention with word of mouth as a mediating variable by integrating specific components of the Theory of Planned Behavior This type of research is quantitative research with a research design in the form of a causal study and using a survey research form. The population of this study includes active students at the Faculty of Economics and Business (FEB) of Alma Ata University who understand environmentally friendly products. The data used are primary data with a sample size of 150. Sample selection using probability sampling and nonprobability sampling methods with non-probability sampling techniques by purposive sampling. Data analysis was carried out using SEM-PLS. The results of the nature of the mediating variable partial mediation in other words, whether or not there is a mediating variable word of mouth, greenwashing has a positive and significant effect on green purchase intention.</em></p> <p><strong><em>Keywords:</em></strong><em> Greenwashing,</em> <em>Green Purchase Intention, Word of Mouth, Theory of Planned Behavior, Environmental Marketing</em></p> Sella Ayu Pratiwi, Dimas Wibisono ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/319 Mon, 28 Jul 2025 00:00:00 +0000 Dinamika Pembelian Impulsif Pada Toko Ritel Kesehatan Dan Kecantikan. Apakah Dipengaruhi Oleh Kualitas Layanan, Promosi Penjualan Atau Atmosfer Toko? https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/324 <p><em>This study aims to determine and analyze Impulse buying of health, beauty and personal care products for consumers of health and beauty retail stores. This research uses an associative quantitative approach. Data collection in this study was carried out by distributing questionnaires online and offline to consumers who have made impulse purchases of health, beauty and personal care products at beauty retail stores. The questionnaire was processed using Microsoft MS analysis tools. Excel and SPSS. A total of 105 respondents were involved in this study. The results of this study found that service quality has a positive and significant effect on impulse buying, sales promotion has a positive and significant effect on impulse buying and store atmosphere has a positive and significant effect on impulse buying.</em></p> Rizna Ayuningsih, La Diadhan Hukama ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/324 Tue, 29 Jul 2025 00:00:00 +0000 Analisis Rasio Keuangan terhadap Harga Saham pada Bank Digital yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2023 https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/335 <p>Harga saham di pasar modal dipengaruhi oleh interaksi antara penawaran dan permintaan, yang dapat dilihat melalui indikator keuangan perusahaan. Studi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh current ratio (CR), debt to equity ratio (DER), return on equity (ROE), dan earning per share (EPS) terhadap harga saham perusahaan perbankan digital yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2016–2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan Teknik sampling menggunakan purposive sampling, menghasilkan 48 data dari 6 perusahaan. Data sekunder diperoleh dari laporan tahunan perusahaan dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CR berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, DER berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham, ROE berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham, EPS berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham. Penelitian ini menjelaskan bahwa pengelolaan modal kerja, struktur modal, dan meningkatkan laba&nbsp; merupakan faktor penting bagi perusahaan perbankan digital untuk mempertahankan dan meningkatkan nilai saham, serta menarik minat investor melalui optimasi keuntungan dan kebijakan dividen.</p> Sahda Dian Sanubari, Khoirul Fuad ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/335 Wed, 03 Sep 2025 14:14:21 +0000 Pengaruh Dewan Direksi Wanita, Sifat Narsisme CEO, Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Tax Avoidance Dengan Good Corporate Governance Sebagai Pemoderasi https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/337 <p>Riset ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dewan direksi wanita, sifat narsisme <em>CEO</em>, dan <em>corporate social responsibility</em> (CSR) terhadap <em>tax avoidance</em>, dengan <em>good corporate governance</em> (GCG) sebagai variabel pemoderasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi Moderated Regression Analysis (MRA). Sampel penelitian terdiri dari 102 perusahaan yang dipilih melalui metode purposive sampling. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan BEI 2018-2023. Hasil penelitian menunjukkan dewan direksi wanita, variabel <em>CSR</em> berpengaruh signifikan positif terhadap <em>tax avoidance</em>, sedangkan variabel sifat narsisme <em>CEO</em> berpengaruh signifikan negatif. Dari hasil uji <em>MRA</em> telah dihasilkan kesimpulan bahwa <em>GCG</em> mampu memoderasi hubungan variabel dewan direksi wanita dan juga variabel <em>CSR</em> terhadap <em>tax avoidance</em>, namun <em>GCG</em> tidak mampu memoderasi hubungan sifat narsisme <em>CEO</em> terhadap tax avoidance. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap literatur mengenai perilaku penghindaran pajak serta pentingnya peran tata kelola perusahaan yang baik dalam menekan praktik-praktik yang tidak etis di lingkungan korporasi.</p> Bambang Wicaksono, Nurul Aini, Akhmad Zainuddin ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/337 Mon, 08 Sep 2025 07:45:23 +0000 Framing Effect dan Self-efficacy Dalam Pengambilan Keputusan Pengelolaan Perusahaan Oleh Direktur Utama https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/336 <p>Penelitian ini merupakan <em>basic research</em> dengan tujuan untuk menguak lebih dalam apakah dalam pengambilan keputusan suatu perusahaan oleh seorang Direktur Utama juga tidak lepas akan <em>framing effect</em> dan mendalami efek <em>self efficacy </em>yang dimiliki oleh seorang “atasan” berpengaruh dalam kebijakan yang dibuatnya. Dalam Teori Prospek yang mengamati fenomena perilaku manusia yang khususnya dalam pengambilan keputusan. Teori Prospek memprediksi bahwa keputusan yang diambil seseorang akan bergantung pada suatu informasi yang dibingkai sehingga dapat melihat dari satu perspektif saja, (Kahneman, 2011; Cahyanti et al., 2021). Selain itu keputusan juga dipengaruhi oleh Self efficacy yang berkaitan dengan keyakinan diri seseorang dalam mencapai tujuan yang ditetapkan dan cara mengatasi risiko yang sedang dihadapi sehingga membentuk persepsi dalam menilai kemampuannya sendiri terhadap suatu tugas yang dikerjakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan melakukan wawancara singkat untuk mendalami hasil dan memperoleh data atau informasi yang dibutuhkan. Beberapa peneltian <em>framing effect</em> dan <em>self efficacy</em> mengacu pada pemilihan bentuk investais. Namun penelitian ini mendalami efek dari <em>framing effect</em> dan <em>self efficacy</em> yang dialami oleh Direktur Utama dalam mengambil keputusan dan menetapkan kebijakan yang dibuatnya dalam perusahaan.&nbsp; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya terdapat <em>framing effect</em> dan efek <em>self efficacy</em> dalam pengambilan kebijakan perusahaan yang dilakukan oleh Direktur Utama.&nbsp;</p> Ayu Pawistri Sulistiowati ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/336 Tue, 09 Sep 2025 01:00:04 +0000 Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Solvabilitas terhadap Audit Delay dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/333 <p>Audit delay merupakan masalah penting dalam transparansi laporan keuangan, yang dapat memengaruhi pengambilan keputusan oleh investor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, leverage, dan solvabilitas terhadap audit delay, serta menguji peran ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2021–2023. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, dan diperoleh 38 perusahaan dengan total 114 data observasi. Teknik analisis data menggunakan SEM-PLS (SmartPLS 4). Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas dan leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap audit delay, sementara solvabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap audit delay. Selain itu, ukuran perusahaan terbukti memoderasi pengaruh profitabilitas, leverage, dan solvabilitas terhadap audit delay.</p> Risma Difa Firnanda, Ira Megasyara, Amrizal Imawan, Devi Febrianti ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/333 Fri, 12 Sep 2025 14:15:59 +0000 Pengaruh Harga, Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Angkringan di Kabupaten Gresik https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/328 <p>Studi ini mengkaji bagaimana harga, fasilitas, dan kualitas layanan memengaruhi keinginan pelanggan untuk membeli kembali di Angkringan Roromendut di Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan pengumpulan data dari 95 orang melalui kuesioner. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan SPSS. Temuan menunjukkan bahwa harga, fasilitas, dan kualitas layanan secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat beli ulang. Jika dilihat secara individual, masing-masing faktor ini juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Hasil ini memberikan wawasan yang bermanfaat bagi pemilik bisnis makanan untuk meningkatkan daya saing dengan menerapkan penetapan harga yang lebih baik, menawarkan fasilitas yang baik, dan meningkatkan kualitas layanan</p> Wahyu Nilam Sari, Rachmad Ilham, Suharto Suharto ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/328 Sun, 14 Sep 2025 00:00:00 +0000 Pengembangan Sistem Manajemen Pengetahuan dengan Metode K-TRIPLE untuk Peningkatan Kapasitas SDM di UMKM Berbasis Kearifan Lokal https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/340 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem manajemen pengetahuan berbasis metode K-TRIPLE untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di UMKM berbasis kearifan lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah <em>Research and Development</em> (R&amp;D) dengan tahapan identifikasi kebutuhan, perancangan sistem, implementasi prototipe, serta evaluasi melalui uji kelayakan dan validasi ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem manajemen pengetahuan yang dikembangkan mampu menciptakan, menyimpan, dan mendistribusikan pengetahuan tacit dan eksplisit secara efektif, memfasilitasi transfer pengetahuan antar pelaku UMKM, serta meningkatkan keterampilan dan kapabilitas SDM. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan metode K-TRIPLE mendukung pelestarian kearifan lokal sebagai sumber pengetahuan strategis, serta memperkuat daya saing dan keberlanjutan UMKM. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa sistem manajemen pengetahuan dapat dijadikan alat strategis untuk pengembangan SDM, meningkatkan efektivitas operasional, dan mendukung pertumbuhan UMKM berbasis kearifan lokal.</p> Yulanda Elis Meyana, Priska Wulan Ndari Rini, Aprilia Lestari ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/340 Mon, 15 Sep 2025 00:00:00 +0000 Pengaruh Pengungkapan Environmental, Social, Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Gender Diversity Sebagai Variabel Moderasi https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/338 <p>Pengungkapan ESG adalah suatu metode dalam menilai sebuah keseriusan perusahaan dalam menjunjung tinggi nilai keberlanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji unsur-unsur Environmental, Social, Governance yang mempengaruhi nilai perusahaan dengan gender diversity sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Pemilihan sampel menggunakan pendekatan purposive sampling, dengan kriteria perusahaan yang mengungkapkan skor Environmental, Social, Governance pada situs bloomberg.com pada tahun 2015-2023, sedangkan nilai perusahaan diperoleh dari data laporan keuangan yang dapat diakses melalui idx.com. Berdasarkan kriteria tersebut, diperoleh sampel sebesar 228 data dari perusahaan selama tahun 2015 sampai dengan 2023. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan menggunakan smartpls, dan pengujian hipotesis melalui bootstrapping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa&nbsp; unsur environmental, social berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan sedangkan governance berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Gender diversity hanya memoderasi unsur governance. Temuan ini mengindikasikan environmental dan social belum dapat meningkatkan nilai perusahaan dikarenakan belum optimalnya perusahaan dalam menjalankan kebijakannya. Sedangkan governance dapat mempengaruhi dikarenakan tata kelola perusahaan adalah inti dari sebuah perusahaan dalam menentukan arah strategis. ESG mungkin masih suatu hal yang belum umum diterapkan di perusahaan, namun dengan diungkapkannya ESG memberikan dampak positif khususnya pada keberlanjutan usahanya.</p> Akbar Widya Pradika, Eva Wany, Sarah Yuliarini ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/338 Mon, 15 Sep 2025 00:00:00 +0000 Analisis Penerapan Pengendalian Biaya Produksi Dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi Pada PT. Tiara Kurnia https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/341 <p>Penelitian ini membahasi pengendalian biaya produksi mampu untuk&nbsp; membantu meningkat kan efisiensi biaya di PT Tiara Kurnia pada tahun 2024. Penelitian menggunakani metode deskriptif dengan kombinasi&nbsp; kuantitatif. Data yang dimaksud berasal dari sumber&nbsp; data&nbsp; primer&nbsp; dan&nbsp; sekunder. didapatkan melalui wawancara serta dokumentasi. Untuk menganalisisnya, peneliti menggunakan metode biaya standar untuk mengevaluasi sejauh mana pengendalian biaya tersebut efektif.&nbsp;Secara keseluruhan, hasil penelitian memperlihatkan bahwa penerapan biaya standar telah berjalan cukup efisien. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa pos biaya, khususnya biaya tenaga kerja langsung serta biaya overhead pabrik, yang menunjukkan kelemahan karena realisasinya melebihi batas anggaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Hasil saran untuk perusahaan memperbaiki perencanaan serta pelaksanaan anggaran biaya tenaga kerja, overhead agar efisiensi biaya dapat tercapai secara maksimal.&nbsp;Hasil penelitian diharapkan bisa memberikan referensi bermanfaat bagi manajemen untuk meningkatkan strategi&nbsp; pengendalian&nbsp; biaya, sehingga dapat memperkuat daya saing serta keberlanjutan usaha perusahaan.</p> Rini Aprilia Lestari, Priska Wulan Ndari, Yulanda Elis Meyana ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/341 Tue, 16 Sep 2025 00:00:00 +0000 Pengaruh Komite Audit, Komisaris Independen dan Green Accounting Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Profitabilitas https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/344 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Komite Audit, Komisaris Independen dan Green Accounting Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Profitabilitas. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh 48 perusahaan perusahaan manufaktur yang terdaftar BEI periode tahun 2021-2023. Teknik analisis data menggunakan Software Smart PLS Versi 3.0 yang menerapkan metode SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Komite Audit tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas, Komisaris Independen berpengaruh positif signifikan terhadap Profitabilitas, Green Accounting tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas, Komite audit tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, Komisaris Independen tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, <em>Green Accounting</em> tidak berpengaruh terhadap Perusahaan, Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Profitabilitas tidak mengintervening hubungan antara Komite Audit dan Nilai perusahaan, Profitabilitas mengintervening pengaruh komisaris independen terhadap nilai perusahaan, Profitabilitas tidak mengintervening hubungan antara green accounting dan nilai perusahaan.</p> Errina Maharani Afsari, Nurul Aini, Akhmad Zainuddin ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/344 Wed, 24 Sep 2025 00:00:00 +0000 Determinasi Minat Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Pada Usaha Mikro Dan Kecil Di Kabupaten Tabalong https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/330 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh skala usaha, lama usaha, tingkat pendidikan pemilik, pengetahuan akuntansi, dan manfaat teknologi informasi terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi pada UMK di Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan. Jenis penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif dan kausal. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) yang menjalankan bisnis di Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMK yang ada di Kabupaten Tabalong. Jumlah sampel yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebanyak 98 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik <em>Partial Least Squares</em> (PLS), dan <em>Smart</em>PLS versi 3 digunakan untuk melakukannya.&nbsp; Hasil penelitian menunjukkan bahwa skala usaha dan lama usaha tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi pada pelaku UMK di Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan.&nbsp; Sedangkan, tingkat pendidikan pemilik, pengetahuan akuntansi, dan manfaat teknologi informasi akuntansi berpengaruh positif terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi pada pelaku UMK di Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan.</p> Nadia Chantika Ristiana, Achmad Suhaili, Rano Wijaya, Mellani Yuliastina ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/330 Fri, 03 Oct 2025 00:00:00 +0000 Strategi Komunikasi Bisnis dalam Meningkatkan Kualitas Audit: Studi Kasus di KAP Gideon Adi dan Rekan Surabaya https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/339 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi bisnis dalam meningkatkan kualitas audit di KAP Gideon Adi dan Rekan Surabaya. Fokus penelitian adalah bagaimana auditor menerapkan komunikasi dengan klien maupun internal tim audit secara sistematis mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pelaporan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam dengan tiga auditor, observasi partisipan selama magang, serta analisis dokumen audit. Data dianalisis menggunakan teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi pola strategi komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi awal dengan klien melalui pertemuan dan surat perikatan, komunikasi internal tim melalui briefing rutin dan pembagian tugas yang jelas, serta pemanfaatan teknologi komunikasi digital seperti Zoom, email terenkripsi, dan platform berbagi dokumen berperan penting dalam memperlancar proses audit. Strategi tersebut tidak hanya meningkatkan efisiensi kerja tim, tetapi juga memperkuat hubungan profesional dengan klien dan menjaga akuntabilitas proses audit. Implikasi penelitian ini menegaskan bahwa komunikasi efektif merupakan faktor kunci dalam menjamin kualitas audit, sehingga auditor perlu terus mengembangkan keterampilan komunikasi dan adaptasi teknologi di era digital.</p> Shela Ita Nur Hasanah, Febry Fabian Susanto ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/339 Mon, 06 Oct 2025 00:00:00 +0000