Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk

  • Mimin Yatminiwati Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
  • Emmy Ermawati Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
Keywords: Analisis SWOT, Strategi Marketing

Abstract

Analisis deskriptif kualitatif adalah analisis data yang tidak berbentuk angka, tetapi berupa serangkaian informasi yang digali dari hasil penelitian. Oleh karena itu, penulis terlebih dahulu harus mengetahui bagaimana keadaan perusahaan serta faktor internal dan eksternal apa saja yang mempengaruhi strategi pemasaran yang ada pada perusahaan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan melakukan wawancara dan observasi langsung kepada pemilik usaha UD. Mahameru Candipuro. Selain itu adanya tambahan data pendukung dari buku-buku bacaan dan juga sumber lain yang berhubungan dengan judul penelitian. Data yang diperoleh dari hasil pengumpulan data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Hasil penelitian yang ditunjukkan oleh diagram cartesius bahwa perusahaan berada pada kuadran I, yaitu agresif dengan penerapan strategi Growth Oriented Strategy yang merupakan situasi yang sangat menguntungkan bagi perusahaan. Perusahaan memiliki kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.

References

Afrillita, N. (2013). Analisis Swot dalam Menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor pada PT. Samekarindo Indah di Samarinda. eJournal Administrasi Bisnis, 1(1), 56-70.
Baroto, T., & Purbohadiningrat, C. (2014). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Ppob Kipo Menggunakan Analisis SWOT Dan QSPM. Jurnal Teknik Industri, 15(1), 88-102. doi: 10.22219/JTIUMM.Vol15.No1.88-102
Batubara, A., & Hidayat, R. (2016). Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi terhadap Tingkat Penjualan Tiket pada PSA Mihin Lanka Airlines. Jurnal Ilman, 4(1), 33-46.
DeSarbo, W. S., Blanchard, S. J., & Atalay, S. (2009). A New Spatial Classification Methodology For Simultaneous Segmentation, Targeting, and Positioning (STP Analysis) For Marketing Research. Bilkent University Institutional Repository, 5, 75-103. doi: 10.1108/S1548-6435(2009)5
Hartono, H., Hutomo, K., & Mayangsari, M. (2012). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan pada Perusahaan dengan Menetapkan Alumni dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Binus Business Review, 3(2), 882-897. doi: 10.21512/bbr.v3i2.1271
Permana, M. V. (2013). Peningktan Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Produk dan Kualitas Layanan. Jurnal Dinamika Manajemen, 4(2), 115-131.
Setiyo, J., & Sulistyan, R. B. (2021). Optimalisasi Pengusaha Batik Khas Lumajang Guna Pelestarian Budaya. Progress Conference, 4(1), 62-67.
Slamet, R., Nainggolan, B., Roessobiyatno, Ramdani, H., Agung, Hendriyanto, & Ilma, L. l. u. (2016). Strategi Pengembangan UKM Digital dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2), 136-147. doi: 10.25124/jmi.v16i2.319
Sulistyan, R. B., & Paramita, R. W. D. (2021). Business Location Planning Assistance: Preservation of Traditional Culture of Kampoeng Batara Banyuwangi. Empowerment society, 4(1), 17-21. doi: 10.30741/eps.v4i1.634
Tasruddin, R. (2015). Strategi Promosi Periklanan yang Efektif. Jurnal Al-Khitabah, 2(1), 107-116.
Published
2021-11-17
How to Cite
Yatminiwati, M., & Ermawati, E. (2021). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi, 14(2), 84-92. https://doi.org/https://doi.org/10.58431/jumpa.v14i2.217