Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Dan Revisit Intention Pengunjung Wisata Alam Di Kabupaten Bojonegoro

  • Latifah Anom Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia Bojonegoro
  • Abdul Azis Safii Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia Bojonegoro
Keywords: bauran pemasaran jasa, kepuasan pengunjung, revisit intention, wisata alam di Bojonegoro

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh antara bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan wisatawan, dan revisit intention oleh wisatawan. Studi ini juga mencoba mengukur dampak dari setiap elemen pemasaran layanan terhadap kepuasan an revisit intention wisatawan di wisata alam Bojonegoro. Sejumlah literatur yang ada ditinjau dan kuesioner terstruktur dikembangkan untuk memenuhi kesenjangan penelitian. Berdasarkan variabel yang dipelajari metode convenience sampling non probabilistik digunakan untuk mengumpulkan data dari sampel 250 responden yang mengunjungi beberapa lokasi wisata alam di Bojonegoro. Teknik pengukuran statistik yang digunakan untuk penelitian ini adalah deskriptif, regresi, ANOVA yang digunakan dan cronbach alpha mengukur konsistensi internal variabel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 20.0. Hasil analisis mendapatkan produk, harga, promosi, bukti fisik, proses dan personel berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan , sedangkan tempat terbukti tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengunjung. Dari sisi minat berkunjung kembali, produk, harga, promosi,  bukti fisik, dan personel berpengaruh terhadap revisit intention, sedangkan place dan proses, tidak memiliki pengaruh terhadap revisit intention.

References

Akter,S., dan Ashraf,E. 2016. Factors Affecting Repurchase Intention of Customers: In the Context of Retail Chain Store Industry in Bangladesh. European Journal of Business and Management www.iiste.org ISSN 8(32): 40–47. www.iiste.org
Assistant,M., dan Sciences,F. 2015. The Impact of Tourism Marketing Mix Elements on the Satisfaction of Inbound Tourists to Jordan Head of Marketing Department. International Journal of Business and Social Science 6(7): 41–58.
Kamau,F., Waweru,F. K., Lewa,P., dan Misiko,A. J. 2015. The Effects of the Marketing Mix on Choice of Tourist Accommodation by Domestic Tourists in Kenya. International Journal of Novel Research in Marketing Management and Economics 2(2): 25–34.
Kotler,P. 2002. Marketing Mangement (Millenium). Prentice-Hall.
Kotler,P., dan Keller,K. L. 2014. Marketing Management (14th Ed). Pearson.
Li,H., Lien,C. H., Wang,S. W., Wang,T., dan Dong,W. 2020. Event and city image: the effect on revisit intention. Tourism Review 15.
Ozer,O. 2012. The Role of Marketing Mix Components in Destination Choices of Visitors and the Case of Dalyan. Journal of Business Research-Türk 4(1): 163–182.
Rahman,M., Islam,M. S., Amin,M. Al, Sultana,R., dan Talukder,M. I. 2019. Effective Factors of Service Marketing Mix on Tourist Satisfaction: A Case Study. Asian Social Science 15(7): 1.
Safii,A. A., dan Amrina,H. N. 2020. Anholt City Branding Hexagon, Dan Pengaruhnya Terhadap City Image (Studi Branding “Pinarak Bojonegoro”). Jurnal Manajemen dan Penelitian Akuntansi (JUMPA) 13(1): 67–78.
Sekaran,U., dan Bougie,R. 2013. Research Methods For Business (4 ed.). Wiley.
Sevic,N. P. 2021. Marketing Mix Service ( 7P ) And Destination Brand Evaluation in Rural Tourism : A Case Study of Country Club Zdravkovac In Serbia Marketing Mix Service ( 7P ) And Destination Brand Evaluation in Rural Tourism : A Case Study of Country Club Zdravkovac In . May.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta.
Titing,K., Rochmah,P. N., dan Apay,S. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Lawangwangi Creative Space- Dago Giri Bandung. Sains Terapan Pariwisata 1(1,p.): 12–24.
Zenker,S. 2011. How to Catch a City? The Concept and Measurement of Place Brands. Journal of Place Management and Development 4(1): 40–52.
Published
2021-12-05
How to Cite
Anom, L., & Safii, A. A. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Dan Revisit Intention Pengunjung Wisata Alam Di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi, 14(2), 129-137. https://doi.org/https://doi.org/10.58431/jumpa.v14i2.221