Kendala Dan Strategi Operasi Persediaan Galaxy Dept Store Menghadapi Panic Buying Corona Effect
Abstract
Sangat penting untuk ditahui kendala dan strategi operasi persediaan Galaxy dept store menghadapi panic buying corona effect. Pendekatan yang digunakan berupa deskriptif kualitatif dimana data yang diperoleh dari Galaxy dept store dalam bentuk wawancara dan analisis pengamatan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Panic buying yang dilakukan oleh konsumen seringkali mengarah kepada hal-hal negatif seperti antrian panjang, kehabisan stok dalam jumlah besar, kecemasan yang luar biasa, hingga akhirnya secara signifikan berdampak negatif pada pasar. Sehingga, panic buying menjadi suatu hal yang perlu diatasi saat menghadapi keadaan maupun krisis apapun. Kendala minimnya persediaan dimasa pandemi dengan terbatasnya transportasi dan menurunnya perekonomian Indonesia. Sedangkan strategi operasi persediaan pada Galaxy dept store yang perlu dilakukan dengan cara menambah jumlah persediaan barang yang ada pada Galaxy debt store, akan tetapi tidaklah dengan jumlah yang terlalu banyak. Hal ini dilakukan agar dapat mengurangi tingkat penimbunan persediaan dengan jumlah skala besar.
References
András, K., & Tamás, S. T. (2020). Panic buying in Hungary during COVID-19 disease. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.21264.76800
BBC News Indonesia. (2020). Virus Corona: Anies Baswedan Rilis Pergub Soal Psbb Di Jakarta, Dari Wfh Sampai Ojek. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-52240034.
Canizio. A. 2017. Pengaruh Perputaran Kas,Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Pada Supermarket Di Timor Leste. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 6(10 ), 3527-3548
Cheng, C. (2004). To be paranoid is the standard? Panic responses to SARS outbreak in the Hong Kong special administrative region a global disease : Brief Epidemiology. Asian Perspective, 28(1), 67–98. Retrieved from https://www.jstor.org/stable/42704444
Fast, S. M., González, M. C., Wilson, J. M., & Markuzon, N. (2015). Modelling the propagation of social response during a disease outbreak. Journal of the Royal Society Interface, 12(104). https://doi.org/10.1098/rsif.2014.1105
Flahrety, T., 1996. Global Operation Management, McGraw Hill – Internasional Edition.
Garfin, D. R., Silver, R. C., & Holman, E. A. (2020). The novel coronavirus (COVID-2019) outbreak: Amplification of public health consequences by media exposure. Health Psychology : Official Journal of the Division of Health Psychology, American Psychological Association. https://doi.org/10.1037/hea0000875
Honigsbaum, M. (2013). Regulating the 1918-19 pandemic: Flu, stoicism and the northcliffe press. Medical History, 57(2), 165–185. https://doi.org/10.1017/mdh.2012.101
Jinqiu, Z. (2003). The SARS Epidemic Under China’s Media Policy. Media Asia, 30(4), 191–196. https://doi.org/10.1080/01296612.2003.11726722
Kotler dan Keller. 2009.Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangg.
Krajewski, L.J., & Ritzman. (2002). Operations Management : Strategy and Analysis, Sixth Edition, Prentice Hall International, Inc
Kusuma N. R., Mustami M. K., & Jumadi O. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Power Point Ispring Suite 8 pada Konsep Sistem Ekskresi Di Sekolah Menengah Atas. Eprints Jurnal Universitas Negeri Makasar. 28: halaman 1-8.
Nielsen. (2020). Race Against COVID-19: A Deep Dive On How Indonesian Consumers Are Reacting To The Virus.
Park, E. J., Kim, E. Y., & Forney, J. C. 2006. A Structural model of fashion-Oriented impulse buying behavior, Journal of Fashion Marketing and Management, Vol. 10 (4), pp. 433-446.
Putra, N. P. (2020). Headline: Virus Corona picu panic buying makanan, masker, hand sanitizer, bagaimana meredamnya? Liputan6. Retrieved from https://www.liputan6.com/news/read/4193886/headline-virus-corona-picu-panic-buying-makanan-masker-hand-sanitizer-bagaimana-meredamnya
Robbins, S. & Coulter, M. (2012). Management. Eleventh Edition : Pretince Hall.
Safroni. (2012). Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks. Yogyakarta : Aditya Media Publishing.
Schroeder, Roger R., 1989. Operation Management: Decision Making in the Operation Function, McGraw Hill – Internasional Edition.
Shou, B., Xiong, H., & Shen, Z. M. (2011). Consumer Panic buying and Quota Policy under Supply Disruptions. In Working paper. Hong Kong.
Stanton, Wiliam J. 2012. Prinsip Pemasaran, alih bahasa : Yohanes Lamarto Penerbit Erlangga, Jakarta.
Stanton, William J (Swasta & Handoko). 2009. Manajemen Pemasaran, Analisis Perilaku Konsumen http://library.um.ac.id
Sugiono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sulistyan, R. B., Paramita, R. W. D., Setyobakti, M. H., Rizal, N., & Lukiana, N. (2020, 13-14 November). Perceived Organizational Support on Employee Performance: The Mediating Effect of Job Stress. Paper presented at the 1st International Conference on Social Science, Humanities, Education and Society Development, Tegal, Indonesia.
Sulistyan, R. B., & Paramita, R. W. D. (2021). Business Location Planning Assistance: Preservation of Traditional Culture of Kampoeng Batara Banyuwangi. Empowerment Society, 4(1), 17-21. doi: 10.30741/eps.v4i1.634
Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Cetakan ke-1 Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Terry, (2015). Manajemen
Thukral, N. (2020, March 21). Panic buying, lockdowns may drive world food inflation - FAO, analysts. The Guardian. Retrieved from https://www.theguardian.pe.ca/news/world/panic-buying-lockdowns-may-drive-world-food-inflation-fao-analysts-427669/
Wahyudi, E. (2020). Aprindo sebut panic buying di 6 kota pasca pengumuman corona. Tempo.Co. Retrieved from https://bisnis.tempo.co/read/1315098/aprindo-sebut-panic-buying-di-6-kota-pasca-pengumuman-corona/full&view=ok

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.