Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata Pedesaan (Studi Pada Wisata Sumber Takir Dusun Krajan Barat Desa Jokarto Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang)
Abstract
Kabupaten Lumajang merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang berpotensi untuk mengembangkan pariwisata di daerahnya. Di Kabupaten Lumajang terdapat objek wisata daerah yang dikelola langsung oleh pemerintah desa. Objek wisata tersebut yaitu Sumber Takir yang terletak di dusun Krajan Barat desa Jokarto kecamatan Tempeh kabupaten Lumajang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menentukan faktor-faktor internal yang mendukung dan menghambat pengembangan pariwisata Sumber Takir. (2)Menentukan faktor-faktor eksternal yang mendukung dan menghambat pengembangan pariwisata Sumber Takir. (3)Menentukan strategi pengembangan kawasan wisata Sumber Takir. Teknik analisis data menggunakan SWOT. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor-faktor internal yang mendukung pengembangan pariwisata Sumber Takir adalah air sumber yang jernih, hawa yang sejuk dan dingin membuat pengunjung betah berlama-lama menikmatinya keamanan, image kawasan pedesaan yang sudah mulai terkenal sejak tahun 2019, dan kemudahan mencapai lokasi. Sementara yang menghambat adalah belum adanya pusat informasi wisata, sifat terhadap lingkungan yang sangat rendah, SDM bidang pariwisata masih rendah, dan belum memadainya infrastruktur pendukung. (2) Faktor-faktor eksternal yang mendukung pengembangan pariwisata Sumber Takir adalah aksesibilitas, perkembangan teknologi dan informasi, regulasi, serta tingginya potensi dan minat wisatawan. Sementara yang menghambat adalah interusi budaya dan pengrusakan lingkungan. (3) Strategi prioritas berdasarkan SWOT adalah pengembangan wisata pedesaan, membangun jaringan dengan wisata lain, bekerjasama dengan agen perjalanan, dan membuat website khusus.
References
Ahmadi,K.B. 2014. Acehnologi. Banda Aceh: Bandar Publishing.
Fahmi, Irham. 2014. Manajemen Strategis. Bandung: Alfabeta.
Herdiansyah, Haris. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial
Rangkuti, Freddy.1999. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.