Pembelajaran Bisnis Online: Pengembangan Media Mobile Learning Menggunakan Glide Apps Berbasis No-Code Aplikasi

  • Dede Yusuf Maulana Universitas Kertamulia Purwakarta
  • Aditya Fahrezi Universitas Negeri Malang
Keywords: Aplikasi Mobile, Bisnis Online, Glide Apps, Mobile Learning, No-Code Aplikasi

Abstract

Sektor pendidikan mengalami perkembangan pesat khususnya dalam pengaplikasian teknologi. Pembelajaran konvensional beralih secara signifikan ke pembelajaran berbasis daring. Peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang fleksibel baik dari segi bentuk maupun kemudahan akses. Model pembelajaran mobile learning menggunakan lingkungan belajar nirkabel dengan memanfaatkan ponsel atau telepon pintar sebagai media pembelajaran daring. Dengan menggunakan mobile learning, kegiatan belajar peserta didik dapat dilakukan secara lebih fleksibel dimana pun dan kapanpun mereka inginkan, tanpa ditantang adanya perangkat yang relatif berat seperti laptop atau komputer. Namun, pendidik sebagai fasilitator pendidikan belum seimbang dalam menghadapi perubahan ini, terutama dalam aspek kompetensi pengelolaan alat pembelajaran daring. Situs web Glide Apps merupakan situs yang dapat membuat aplikasi mobile yang tidak membutuhkan bahasa pemrograman dalam pembuatannya dan hasil akhir aplikasi dapat diakses dengan mudah. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk pembelajaran berupa media pembelajaran Glide Apps untuk mata pelajaran Bisnis Online kelas XI serta mengukur validitas dan respon peserta didik terkait media pembelajaran Glide Apps. Penelitian ini melalui tahapan penelitian dan pengembangan berdasarkan pendekatan ADDIE. Pada penelitian ini ditemukan hasil bahwa media pembelajaran Glide Apps mendapatkan validitas dengan kategori sangat valid serta respon peserta didik menunjukkan media pembelajaran Glide Apps sangat menarik, sangat menyenangkan, dan sangat praktis.

References

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). New York: Springer.
Darmawan, D. (2016). Mobile learning: Sebuah aplikasi teknologi pembelajaran. Rajawali Pers.
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2005). The systematic design of instruction. 7th edn.
El-Sofany, H., & El-Haggar, N. (2020). The effectiveness of using mobile learning techniques to improve learning outcomes in higher education. International Association of Online Engineering, 14(8), 4–18. https://doi.org/10.3991/IJIM.V14I08.13125.
Eppard, J., Hojeij, Z., Ozdemir-Ayber, P., Rodjan-Helder, M., & Baroudi, S. (2019). Using mobile learning tools in higher education: A UAE Case. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 13(11), 51–69. https://doi.org/10.3991/ijim.v13i11.10823.
Jamilah, Z. (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Pada Konsep Ekskresi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Khairunisa, S. D., Amirullah, G., & Ninawati, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal inovasi pendidikan dasar, 4(2), 49-56. https://doi.org/10.22236/jipd.v4i2.80.
Kurniawan, M. R. (2017). Analisis karakter media pembelajaran berdasarkan gaya belajar peserta didik. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 491-506. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4319.
Laghari, Z. P., Kazi, H., & Nizamani, M. A. (2017). Mobile learning application development for improvement of English listening comprehension. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 8(8), 229–237. https://doi.org/10.14569/ijacsa.2017.080830.
Lestari, I., Maksum, A. & Kustandi, C. (2019) ‘Mobile learning design models for State University of Jakarta, Indonesia’. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 13(9), 152–171. https://doi.org/10.3991/ijim.v13i09.10987.
Miranti, M. G. (2021). Utilization Development of Glide “Daily Nutrition” Application Based on Android. International Joint Conference on Science and Engineering 2021, 209(Ijcse), 105–110. Available at: https://www.atlantis-press.com/proceedings/ijcse-21/125966546.
Mohamad, A., & Nor, M. (2021). Development of Final Project Evaluation Application Using Google Sheet and Glide Apps. International Journal of Modern Education, 3(8), 71–90. https://doi.org/10.35631/ijmoe.38007.
Murdiono, M., Suyato, S., Rahmawati, E., & Aziz, M. (2020). Developing an android-based mobile application for civic education learning. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(16), 180–193. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i16.14967.
Putra, N. (2015). Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. 1st edn. Rajawali Pers.
Rahmawati, A. I. N., Ariffudin, I., Latifah, L., & Soejanto, L. T. (2021, April). “Say no to coding”: Designing of mobile-app-based learning media using Glide apps. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1869, No. 1, p. 012079). IOP Publishing.
Rahmawati, D., Pratiwi, N. E. W., Mutmainna, A. S. N. R., Wardani, S. P. K., & Julianto, J. (2021). Pemanfaatan Glideapps Dalam Pembelajaran E-Learning Di Mi Ma’Arif Sambiroto Taman Sidoarjo. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(3), 156-165. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n3.p156-165.
Rasvani, N. L. A., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan media pembelajaran aplikasi maca (materi pecahan) berorientasi teori belajar ausubel muatan matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 74-81. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32032.
Sa'diyah, P. H., Fauziah, R. H., & Aeni, A. N. (2022). Pemanfaatan Glide Mobile Untuk Penanaman Akhlak Mulia Siswa Sd Berbasis Pemikiran Syekh Nawawi Al-Bantani. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 4(1), 50-56.
Sanjaya, W. (2012) Media Komunikasi Pembelajaran. 1st edn. Kencana.
Sarrab, M., Al-Shihi, H., Al-Khanjari, Z., & Bourdoucen, H. (2018). Development of mobile learning application based on consideration of human factors in Oman. Technology in Society, 55, 183-198. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2018.07.004.
Sugiyono (2019) Metode Penelitian Pendidikan. 3rd edn. Alfabeta.
Sulistyan, R. B. (2020). Lecturer E-learning Training: The Role of Social Exchange Theory. Empowerment Society, 3(2), 50-56. https://doi.org/10.30741/eps.v3i2.589
Todoranova, L., Nacheva, R., Sulov, V., & Penchev, B. (2020). A model for mobile learning integration in higher education based on students’ expectations. 14(11), 171–182. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i11.13711.
Viola, N. E., Sulandjari, S., Kristiastuti, D., & Suhartiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Glideapps Pada Kompetensi Dasar Metode Dasar Pengolahan Makanan Kelas X Tata Boga 2 SMKN 3 Kediri. Jurnal Tata Boga, 10(3), 474–482.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23-27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77.
Yaumi, M. (2018) Media Dan Teknologi Pembelajaran. 1st edn. Prenadamedia Group.
Published
2023-06-10
How to Cite
Maulana, D. Y., & Fahrezi, A. (2023). Pembelajaran Bisnis Online: Pengembangan Media Mobile Learning Menggunakan Glide Apps Berbasis No-Code Aplikasi. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi (JUMPA), 16(1), 26-39. https://doi.org/https://doi.org/10.58431/jumpa.v17i1.239
Section
Articles