Keputusan Pembelian: Pengukuran Berdasarkan Promosi, Harga, dan Lokasi

  • Meta Dwiariastuti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Totalwin
  • Diovany Tirtana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Totalwin
Keywords: Promosi, Harga, Lokasi, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian kosmetik Sariayu di Toko Elisha Beauty Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada pelanggan toko. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda untuk melihat pengaruh masing-masing variabel independen terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi, harga, dan lokasi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik Sariayu. Hal ini mengindikasikan bahwa faktor-faktor lain mungkin lebih berperan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dalam pembahasan, ditemukan bahwa konsumen lebih mungkin dipengaruhi oleh kualitas produk, merek, dan ulasan dari pengguna lain dibandingkan dengan promosi, harga, atau lokasi toko. Temuan ini juga menunjukkan pentingnya bagi toko untuk meningkatkan strategi promosi digital dan memperkuat kehadiran online mereka untuk menjangkau konsumen lebih luas. Penelitian ini memiliki keterbatasan pada sampel yang digunakan dan variabel yang diteliti, sehingga disarankan untuk penelitian lebih lanjut agar mempertimbangkan faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi keputusan pembelian. Toko Elisha Beauty disarankan untuk fokus pada peningkatan kualitas produk dan layanan, serta memanfaatkan platform digital untuk menarik lebih banyak pelanggan.

References

Andri Yani, M., & Subandoro, A. (2022). Analisis Pengaruh Ketersediaan Produk Dan Keakuratan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Super Indo Cabang Semolowaru. Jurnal Health Sains, 3(7), 858–868. https://doi.org/10.46799/jsa.v3i7.456
Aprian, Anggriani, I., & Gayatri, I. A. M. E. M. (2020). Pengaruh Lokasi, Ketersediaan Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Air Nipis Tani Bengkulu Selatan. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 8–19.
Cynthia, D., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 104–112. https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.256
Kambali, I., & Syarifah, A. (2020). Pengaruh harga terhadap Keputusan pembelian (Studi Kasus di Billionaire Store Bandung). Ejurnal.Poltekpos.Ac.Id, 10, 1–8. https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/promark/article/download/731/549
Leni Anggriani, N., & Hamali Yusuf, A. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handuk Pada Pt Tatapusaka Sentosa Textile Mills Bandung. Journal of Management, 3(Juni), 14.
Listighfaroh, M. I. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sabun Cair Feira White Shower Cream Di Surabaya. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1–17. http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/1428/2/jurnalku new.pdf
Mochamad Fahri Ardiansyah, jamaludin K. (2022). Pengaruh Promosi, Persepsi Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Angkringan Nineteen. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 1(9), 1278–1285.
Mulyadi, M. N. (2022). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Lapis Talas Kujang Bogor Untuk Keperluan Usaha Waralaba. 10(3), 511–518. https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i3.1539
Mustafa, R., & Setiawan, P. Y. (2022). Pengaruh Kewajaran Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(5), 927. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i05.p04
Nova, Chotimah & Kholiq, A. (2021). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Kalangan Mahasiwi Ikip Muhammadiyah Maumere. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 3(03), 74–81. https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/622
Putri, H. Y., Pradhanawati, A., & Daryanto Seno, A. H. (2022). Pengaruh Promosi Media Sosial dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Kosmetik Pond’s (Studi Kasus pada Toko Jun Kosmetik di Kota Solok). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 359–369. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.34753
Rizky, M. H., & Nasution, S. M. A. (2023). Pengaruh Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap keputusan Pembelian Rumah Kpr Subsidi. Jurnal SALMAN (Sosial Dan Manajemen), 4(2), 176–192. http://jurnal.fisarresearch.or.id/index.php/salman/index
Sari, R. M., & Prihartono. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jimea, 4(1), 106–113.
Syamsuri, A. R., Anggraini, C. W., Pratiwi, D. P., Afriliana, S., & Maissy. (2021). Jurnal bisnis mahasiswa. Bisnis Mahasiswa, 215–224.
Published
2024-06-09
How to Cite
Dwiariastuti, M., & Tirtana, D. (2024). Keputusan Pembelian: Pengukuran Berdasarkan Promosi, Harga, dan Lokasi. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi (JUMPA), 17(1), 16-23. https://doi.org/https://doi.org/10.58431/jumpa.v17i1.243