Analisis Pengaruh Model Business Process Reengineering Terhadap Struktur Biaya Pada Perusahaan PDAM Kab. Mojokerto
Abstract
Penelitian ini menganalisis implementasi Business Process Reengineering (BPR) di PDAM Kabupaten Mojokerto untuk meningkatkan efisiensi operasional dan menurunkan struktur biaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan BPR melalui redesign proses distribusi, penggunaan teknologi modern, serta pelatihan karyawan berhasil mengurangi Non-Revenue Water (NRW) hingga 10% dan mempercepat respons pelanggan. Namun, implementasi BPR menghadapi kendala seperti resistensi karyawan dan tingginya biaya awal. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis untuk memperkuat daya saing perusahaan melalui inovasi berkelanjutan.
References
Anom, L., & Safii, A. A. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Dan Revisit Intention Pengunjung Wisata Alam Di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi (JUMPA), 14(2), 129-137. https://doi.org/https://doi.org/10.58431/jumpa.v14i2.221
Anom, L., & Safii, A. A. (2022). Enhancing MSME Performance through Market Sensing Capability, Innovation Capability, and Iconic Ethnic Product Development. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.30741/adv.v6i1.778
Anwar, I. C. (2021). Mengenal Penelitian Kualitatif: Pengertian dan Metode Analisis. In Tirto.Id.
Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam Pusaran Globalisasi dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral dan Karakter. Pamator Journal, 13(1). https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.6912
Finio, M., & Downie, A. (2024). Apa itu rekayasa ulang proses bisnis (BPR)? Retrieved from IBM: https://www.ibm.com/id-id/topics/business-process-reengineering
Hidayatin, D. A. ., Puspita Sari , R., & Sari , N. (2022). Analisis Kesehatan Keuangan Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah di Tengah Pandemi Covid19. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 10(3), 55–67. https://doi.org/10.26740/akunesa.v10n3.p55-67
Hidayatin, D., Prasaja, M., & Anom, L. (2022). Strategi Penguatan Usaha BUMDesa Melalui Peningkatan Kualitas Laporan Keuangan. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 7(2), 137-150. doi:http://dx.doi.org/10.22441/jam.2022.v7.i2.005
Kuntardina, A. (2021). Pengaruh Job Satisfaction Dan Perceived Ease of Movement Terhadap Turnover Intentions Perawat. BBM (Buletin Bisnis & Manajemen), 7(1), 33-46.
Hermanto, & Liem, D. R. (2022). Pengaruh Struktur Aset dan Biaya Keagenan Terhadap Kebijakan Hutang Dimediasi dengan Profitabilitas. Jurnal Wahana Akuntansi, 17(1). https://doi.org/10.21009/wahana.17.012
Manda, G. S., (2018). Pengaruh Pendapatan dan Biaya Operasional terhadap Laba Bersih (Studi kasus pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang terdaftar di BEI periode 2012-2016). E-Qien Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(1)
Nahak, H. M. I. (2019). UPAYA MELESTARIKAN BUDAYA INDONESIA DI ERA GLOBALISASI. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1). https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76
Nova, F., & Hudianti, E. (2024). Penerapan Business Process Reengineering (BPR) pada Layanan Penelitian. Jiko (Jurnal Informatika Dan Komputer), 5-8.
Rozaqi, F. F., Suharso, W., & Nuryasin, I. (2020). Business Process Reengineering (BPR) Pada Perusahaan Pdam Kabupaten Mojokerto Untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis Perusahaan. Jurnal Repositor, 2(5). https://doi.org/10.22219/repositor.v2i5.514
Safii, A. A., & Rahayu, S. (2021). Human Capital and Social Capital as Determining Factors of The Msmes Surviving Ability. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 5(1), 1–19. Retrieved from https://ejournal.itbwigalumajang.ac.id/index.php/adv/article/view/659
Safii, A. A., Rahayu, S., & Amrina, H. N. (2023). Community Empowerment Through Ecotourism Development of Grogolan Lake, Ngunut Vilage. Empowerment Society, 6(1), 17–24. https://doi.org/10.30741/eps.v6i1.956
Safii, A., & Amrina, H. (2020). Anholt City Branding Hexagon, Dan Pengaruhnya Terhadap City Image (Studi Branding “Pinarak Bojonegoro”). Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi (JUMPA), 13(1), 67-78. https://doi.org/https://doi.org/10.58431/jumpa.v13i1.169
Safii, A., & Anom, L. (2029). Peran Moderasi Financial Access Pada Pengaruh Human Capital Dan Social Capital Terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi (JUMPA), 14(1), 36-49. https://doi.org/https://doi.org/10.58431/jumpa.v14i1.225
Safii, A., Rahayu, S., & Anom, L. (2022). Marketing Assistance and Herbal Products Market Expansion of Paguyuban Jamu Gendong Desa Ngablak. Empowerment Society, 5(1), 22–27. https://doi.org/10.30741/eps.v5i1.720
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, fan R&D (19th ed.). Alfabeta, CV.
Widhiastutik, F., & Kuntardina, A. (2022). Keputusan Pembelian Lipstik Pada Mahasiswi STIE Cendekia. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi (JUMPA), 15(1), 44-51. https://doi.org/https://doi.org/10.58431/jumpa.v15i1.198

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.