Praktik Peningkatan Kinerja Karyawan Melibatkan Gaya Kepemimpinan dan Kompensasi melalui Kepuasan Kerja

  • Hangayomi Adji Universitas Winaya Mukti
  • Zafrullah Sunyaruri Universitas Winaya Mukti
Keywords: (Job Satisfaction, Leadership Style, Compensation, Employee Performance, Retail)

Abstract

Penelitian ini membahas variabel Kepuasan kerja yang berperan sebagai variabel intervening antara gaya kepemimpinan dan kompensasi terhadap kinerja karyawan usaha retail. Variabel intervening merupakan faktor yang menghubungkan dua variabel secara tidak langsung. Dalam konteks retail, kepuasan kerja menjadi faktor penting yang menghubungkan bagaimana gaya kepemimpinan dan kompensasi yang diberikan perusahaan memengaruhi kinerja karyawan. Kinerja karyawan dipengaruhi oleh kepuasan kerja, dengan nilai thitung 7,882 lebih besar daripada ttabel 1,978. Dengan kata lain, jika karyawan merasa puas dengan pekerjaan mereka, mereka akan berusaha untuk melakukan hal-hal yang lebih baik dan melakukan kinerja yang baik di tempat kerja. Karyawan yang merasa puas dengan gaya kepemimpinan dan kompensasi cenderung lebih termotivasi, terikat, dan berkinerja lebih baik.

References

Agustina, D. (2021). Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Dalam Meningkatkan Kualitas Kerja Karyawan Bengkel Auto Dakar Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).
As'ad, M. (2004). Industrial psychology. General Series on Human Resources, Yogyakarta, Liberty.
Avianti, W., Martin, A., Andriyani, N., Prihatiningsih, D., Misesani, D., Yufrinalis, M., ... & Sukwika, T. (2023). Metode Penelitian (Dasar Praktik dan Penerapan Berbasis ICT). PT. Mifandi Mandiri Digital.
Bourne, M., Mills, J., Wilcox, M., Neely, A., & Platts, K. (2000). Designing, implementing and updating performance measurement systems. International journal of operations & production management, 20(7), 754-771. https://doi.org/10.1108/01443570010330739
Dinata, V. V., Fung, T. S., & Sutisna, N. (2019). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Le-Minerale Pada Toko Retail Kota Tangerang (Studi Kasus Di Pt. Laris Food Indonesia). Primanomics: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 17(3), 55-63. https://doi.org/10.31253/pe.v17i3.187
Iskandar, N., & Yuhansyah, N. (2018). Pengaruh Motivasi & Ketidakamanan kerja Terhadap Penilaian Kerja Yang Berdampak Kepada Kepuasan Kerja. Media Sahabat Cendekia.
Manurung, N. A., & Nugroho, A. (2018). Implementasi customer relationship management di usaha mikro kecil dan menengah bidang otomotif. Jurnal Terapan Abdimas, 3(2), 97-109. https://doi.org/10.25273/jta.v3i2.2795
Newstrom, J. W., & Davis, K. (2002). Organizational behavior (1 Ith ed.). New York: McGrawHill Higher Education.
Spillane, J. J. (2021). Managing Quality Customer Service: Pelayanan yang Berkualitas. Sanata Dharma University Press.
Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional).
Published
2025-02-21
How to Cite
Adji, H., & Sunyaruri, Z. (2025). Praktik Peningkatan Kinerja Karyawan Melibatkan Gaya Kepemimpinan dan Kompensasi melalui Kepuasan Kerja. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi (JUMPA), 18(1), 14-23. https://doi.org/https://doi.org/10.58431/jumpa.v18i1.282