Pengaruh Live Streaming dan Countdown Timer pada TikTok Shop Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada Generasi Z

  • Cahyo Adhianto Universitas Pertiwi
  • Ade Achmad Faried Universitas Pertiwi

Abstract

Transformasi digital dalam pola konsumsi Generasi Z melalui platform TikTok Shop yang menghadirkan fitur live streaming dan countdown timer menjadi fokus kajian ini. Studi ini menginvestigasi potensi peningkatan perilaku pembelian impulsif di kalangan pelajar SMA beserta implikasinya terhadap kesehatan finansial. Dengan pendekatan kuantitatif melalui survei terhadap 100 responden terpilih, data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Temuan mengungkapkan bahwa kedua fitur tersebut secara individual maupun simultan berdampak signifikan terhadap pembelian tidak terencana, dengan kontribusi kombinasi sebesar 52.9% terhadap variasi perilaku belanja impulsif. Hasil ini menekankan urgensi penguatan literasi digital dan pengelolaan keuangan remaja dalam merespons dinamika pemasaran elektronik kontemporer.

References

Anggraini, W., Permatasari, B., & Putri, A.D.. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pemblian di TikTok Shop Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi. 2, 6(2), 86–96. 10.33365/tb.v6i2.2830
Ardiyanto, F.. (2017). Pengaruh Positive Emotion, Time Availability, dan Money Availability terhadap Impulsive Buying Behavior Konsumen Mahasiswa pada Department Store di Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 14(1), 850–862. 10.31316/akmenika.v14i1.1012
Chan, G.F., Akhmad, I., & Hinggo, H.T.. (2022). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna E-Commerce Shopee Di Pekanbaru. ECOUNTBIS : Echonomics, Accounting and Business Journal, 2(1), 151–159
Febriah, I., & Febriyantoro, M.T.. (2023). Pengaruh Live Video Streaming Tiktok, Potongan Harga, dan Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ecodemica : Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 7(2), 218–225. 10.31294/eco.v7i2.15214
Fitryani, F., Nanda, A.S., & Aristyanto, E.. (2021). Peran Impulsive Buying Saat Live Streaming Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus E-Commerce Shopee). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(2), 542–555. 10.30651/jms.v6i2.11363
Herlina, H., Loisa, J., & Maulana, T.D.S.. (2021). Dampak Flash Sale Countdown Timer di Marketplace Online Pada Keputusan Pembelian dengan Minat Beli Sebagai Intervening. Journal of Digismantech : Jurnal Program Studi Bisnis Digital, 1(1), 1–7. 10.30813/digismantech.v1i1.2616
Humairoh, Annas, M., & Zein, M.H.M.. (2023). Gen Z, Gender variabel Dummy: Hedonic Shopping, Lifestyle, Dan Impulse Buying. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 12(2), 107–120. 10.31000/jmb.v12i2.9423.g4471
Krisito, R.E., Musnaini, M., Fazri, A., & Khotib, W.. (2024). Pengaruh Promosi Gratis Ongkir dan Countdown Time terhadap Impulse Buying pada Aplikasi Shopee. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 18140–18153. 10.31004/innovative.v4i3.12706
Li, M., Wang, Q., & Cao, Y.. (2022). Understanding Consumer Online Impulse Buying in Live Streaming E-Commerce: A Stimulus-Organism-Response Framework. Int. J. Environ. Res. Public Health, 19(7), 1–17. 10.3390/ijerph19074378
Mufarida, D.A.A., & Santosa, R.P.. (2024). Hubungan Antara Self Control dengan Fear of Missing Out (FOMO) Pada Generasi Z Pengguna Media Sosial Tiktok. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 4(2), 194–205. 10.51878/paedagogy.v4i2.3077
Mulia, R.P., & Salman, S.. (2024). Pengaruh Pesan Persuasif Oleh Penjual Melalui Live Streaming Shopee Dalam Menarik Minat Pembeli Untuk Checkout. Jurnal Sosial dan Humaniora, 8(1), 197–205. 10.37817/ikraith-humaniora.v8i1.3406
Priyono, M.B., & Sari, D.P.. (2023). Dampak Aplikasi Tiktok dan Tiktok Shop Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 497–506. 10.5281/zenodo.8315865
Putri, A.M., Putri, F.J., Hidayat, R., & Kusumasari, I.R.. (2024). Analisis Preferensi dan Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Melalui Fitur Live Streaming Shopee. Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 9(11), 21–30. 10.8734/musytari.v9i11.6719
Saodin, S.. (2021). Pengaruh Sales Promotion dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying. INTERCODE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 105–122. 10.36269/ire.v1i2.539
Sari, R.. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 7(1), 44–57. 10.35313/jrbi.v7i1.2058
Sa’adah, A.N., Rosma, A., & Aulia, D.. (2022). Persepsi Generasi Z Terhadap Fitur Tiktok Shop pada Aplikasi Tiktok. Jurnal Komunikasi, 14, 2(5), 131–140. 10.55047/transekonomika.v2i5.176
Silitonga, S., & Nasution, W.F.. (2024). Pengaruh Fitur Live dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Pelanggan E-Commerce Shopee. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(6), 347–353. 10.62017/jemb.v1i6.1867
Suhyar, S.V., & Pratminingsih, S.A.. (2023). Pengaruh Live Streaming dan Trust terhadap Impulsive Buying dalam Pembelian Produk Skincare Skintific. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 4, 4(2), 1427–1438. 10.37385/msej.v4i2.1773
Sulistien, S., Marwanto, I.H., Rahayu, B., & Laely, N.. (2022). Pengaruh Pengembangan Karyawan terhadap Kinerja Karyawan dengan Kompetensi sebagai variabel intervening pada KSP Duta Mandiri Makmur Kediri. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 5(2), 46–62. 10.30737/jimek.v5i2.4047
Vildayanti, R.A., & Alfindo, P.T.. (2024). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Toko Eromoko Jaya Tanah Abang Di Jakarta Pusat). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 7(02), 171–182. 10.30737/jimek.v7i02.5491
Published
2025-06-30
How to Cite
Adhianto, C., & Faried, A. (2025). Pengaruh Live Streaming dan Countdown Timer pada TikTok Shop Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada Generasi Z. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi (JUMPA), 18(1), 122-129. https://doi.org/https://doi.org/10.58431/jumpa.v18i1.287