Peran Platform Digital Sebagai Sarana Pembangunan Ekosistem Dalam Membangun UMKM Rokan Hulu

  • Tiara Rochmawati Universitas Pasir Pengaraian
  • Heffy Christya Rahayu Universitas Pasir Pengaraian
  • Yulfita Aini Universitas Pasir Pengaraian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran platform digital dalam membangun ekosistem bisnis yang berkelanjutan bagi UMKM di Kabupaten Rokan Hulu. Secara umum, penelitian ini berfokus pada tantangan dan peluang yang dihadapi UMKM dalam mengadopsi flatform digital, serta dalam membangun ekosistem UMKM. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan penelitian terdiri dari 10 pelaku UMKM dan stakeholder pendukung di Kabupaten Rokan Hulu, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis tematik untuk mengidentifikasi tema-tema utama terkait penggunaan platform digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya literasi digital, terbatasnya akses internet, dan kurangnya pemahaman tentang e-commerce merupakan tantangan utama dalam adopsi teknologi digital oleh UMKM. Namun, terdapat potensi besar dalam penggunaan media sosial dan e-commerce untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing produk UMKM. Implikasi manajerial dari penelitian ini adalah pentingnya peningkatan pendidikan digital bagi pelaku UMKM melalui program pelatihan dan pendampingan yang lebih intensif, serta perbaikan infrastruktur digital untuk mendukung operasional UMKM. Selain itu, pemerintah daerah perlu menyediakan bantuan finansial dan teknologi untuk memfasilitasi proses digitalisasi, serta meningkatkan kolaborasi antara sektor publik dan swasta untuk mempercepat transformasi digital UMKM di daerah ini.

References

Aminullah, Irsyad, Regista Nindya, Aliya Nur Sabrina, Marissa Putri Rahmah, and R. Deni Muhammad Danial. 2025. “Optimalisasi Branding UMKM Khas Sukabumi Melalui Platform Digital Menuju Pengembangan Ekonomi Dan Sosial Berbasis SDGs.” Jurnal Ilmu Manajemen Retail Universitas Muhammadiyah Sukabumi 6(2): 131–43. doi:10.37150/jimat.v6.i2.3674.
Anom, Latifah, and Abdul Azis Safii. 2022. “Enhancing MSME Performance through Market Sensing Capability, Innovation Capability, and Iconic Ethnic Product Development.” Jurnal Ilmu Manajemen Advantage 6(1): 1–10. doi:10.30741/adv.v6i1.778.
Arumsari, Nurul Rizka, Nurzahroh Lailyah, and Tina Rahayu. 2022. “Peran Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi Di Kelurahan Plamongansari Semarang.” SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat) 11(1): 92. doi:10.20961/semar.v11i1.57610.
Davinata, Anggi Eka, and Abdur Rohman. 2025. “Peran Desain Produk Dan Jasa UMKM Berbasis Etika Syariah Di Era Ekonomi Digital.” 3(1): 14–23.
Dewi, Dian Kurnia, Dewi Sekar Kencono, and Muhammad Eko Atmojo. 2024. “Peran Pemerintah Kalurahan Hargorejo Dalam Meningkatkan Ekonomi Melalui Digitalisasi UMKM.” Jurnal Pemerintahan dan Kebijakan (JPK) 6(1): 57–67. doi:10.18196/jpk.v6i1.24136.
Dyarini, D, A Hanifah, L Litdia, A Alam, and ... 2024. “Transformasi Digital Untuk Umkm: Pengembangan Dan Pemasaran Produk Melalui Marketplace.” … Masyarakat LPPM UMJ (November).
Fatimah, Siti, Wahyu Wibowo, Nur Rahmi Irfaniah, Rita Andriani Harahap, and Negeri Sunan Kalijaga. 2025. “Local Digital Ecosystem : Peran Komunitas Digital Dalam Mendorong Bisnis Kreatif Daerah Magister Ekonomi Syariah , Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam , Universitas Islam Berbagai Wilayah , Termasuk Di Daerah-Daerah Yang Sebelumnya Kurang Tersentuh Oleh Arus Digital . Tidak Hanya Melalui Teknologi Itu Sendiri , Tetapi Juga Melalui Kehadiran Komunitas Kampung Marketer Di Purbalingga Menunjukkan Bagaimana Pelatihan Digital Marketing Berbasis Komunitas Mampu Meningkatkan Pendapatan , Mengurangi Pengangguran , Dan.” 4(1): 127–36. doi:10.55123/jumintal.v4i1.5479.
Hanim, Lathifah, Eko Soponyono, and Maryanto Maryanto. 2022. “Development of Digital MSMEs during the Covid-19 Pandemic.” Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 2(1): 30–39.
Hapiz, Mutiara, Livia Pijar Septia, Dwi Aprilianti, Dwi Aprilianto, Isda Maulida, Fadil Muhammad, Amanda Shaafia, Muhammad Hilman Maulana, and Dian Herdiana. 2025. “Analisis Kebijakan Pengembangan UMKM Digital Di Indonesia: Tantangan Dan Peluang.” Mardani: Jurnal Ilmiah Multidisipline 3(5): 36–44. doi:10.5281/zenodo.15538100.
Immanuel, Rally, Marno Putra, and Alvian Chandra. 2025. “Jurnal Sains Ekonomi Dan Edukasi Peran Pendampingan UMKM Terhadap Penguatan Strategi Bisnis.” 2(4): 789–94.
Jaya, Fitra, Romi Siswanto, A Nisa, and Tri Wulandari. 2025. “Capacity Building for MSMEs Through the Digital Market Ecosystem Strategy of the Mulyasari Social Forestry Business Group Peningkatan Kapasitas UMKM Melalui Digital Market Ecosystem Strategy Kelompok Usaha Perhutanan Sosial Mulyasari.” 9(3): 923–33.
Juwita, Oktalia, Arizona Firdonsyah, Mahrus Ali, Aris Puji Widodo, and R. Rizal Isnanto. 2022. “Studi Literatur Platform Digital Sebagai Sarana Pembangunan Ekosistem Dalam Mengembangkan UMKM.” INFORMAL: Informatics Journal 7(1): 59. doi:10.19184/isj.v7i1.31547.
Kamariani, Baiq Dewi, Nur Fitri, Eka Asbarini, Maya Ulyani, and Abdul Chalel. 2025. “Pemberdayaan Berbasis Digital Bagi Pelaku UMKM Digital-Based Empowerment for MSME Actors.”
Maimuna, Fransiska Fitrya, Nur Alda Fanny Roroa, Misrah Misrah, Oktavianty Oktavianty, and Alamsyah Agit. 2024. “Transformasi Digital Dalam Kewirausahaan: Analisis Faktor Penghambat Dan Pendorong Perkembangan Ekonomi Digital.” Simetris: Seminar Nasional Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan Dan Riset Ilmu Sosial (x): 187–98.
Natania, Abigael Tesalonika, and Renny Dwijayanti. 2024. “Pemanfaatan Platform Digital Sebagai Sarana Pemasaran Bagi UMKM.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 12(1): 343–50.
Nilasari, Ayunda Putri, Dinar Melani Hutajulu, Retnosari, and Erni Puji Astutik. 2019. “Strategi Pemberdayaan Dan Kontribusi UMKM Menghadapi Ekonomi Digital.” “Fintech dan E-Commerce untuk Mendorong Pertumbuhan UMKM dan Industri Kreatif”: 576–94.
Nuringsih, Kartika, and Elsya Ananda Sahrul. 2023. “Peran E-Commerce , Media Sosial Dan Digital.” Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis.
Permadi, Ricky Noor. 2022. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Utama Pemasaran Produk UMKM.” Avant Garde 10(1): 15. doi:10.36080/ag.v10i1.1695.
Piola, W. 2023. “Pemberdayaan Umkm Melalui Otoritas Pusat Dan Daerah Dalam Ekosistem Digital (Studi Kasus Kerjasama Bandung Dan Republik Korea).” Academia.Edu (931422095).
Pratama, Eriedany Yudha. 2022. “Peran Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Dan Perdagangan Dalam Peningkatan Ekosistem Digital Di Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara.” Program Studi Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat: 1–10.
Purnama, Tirza Haqia, Roni Ekha Putera, and Tengku Rika Valentina. 2024. “Pembangunan Ekosistem Digital Untuk Meningkatkan Pelayanan Publik Di Desa Lamahu Kecamatan Bulango Selatan Provinsi Gorontalo.” Jurnal Hilirisasi IPTEKS 7(2): 214–30. doi:10.25077/jhi.v7i2.795.
Ramadhani, Nazwah, Ade Irfany Sugesti, Della Nesha Sagita, and Eko Purwanto. 2025. “Pemanfaatan Marketplace Digital Dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Melalui Sarana Komunikasi Di Era Digital.” Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital 2(2): 20. doi:10.47134/jbkd.v2i2.3560.
Rangga Bawono, Icuk, Erwin Setyadi, and Yuniarti Widayaningsih. 2025. “PENGEMBANGAN UMKM MELALUI OPTIMALISASI BUMDes DENGAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING.” Jurnal Abdikaryasakti 5(1): 63–82. doi:10.25105/v5i1.20922.
Rohmana, Devie Wianda. 2023. “Peranan Ekonomi Digital Dalam Peningkatan Pertumbuhan UMKM: Peluang Dan Tantangan.” In Indonesian Proceedings and Annual Conference of Islamic Law And Sharia Economic (IPACILSE) 1(1): 42–48.
Safii, Abdul Azis, L. Anom, and M. Murtini. 2024. “Financial Technology Adoption on MSMEs Sustainability: The Mediating Role of Financial Literacy and Financial Inclusion.” Journal of Socioeconomics and Development 7(2): 121–31. doi:https://doi.org/10.31328/jsed.v7i2.5258.
Safii, Abdul Azis, and Sudilowati Rahayu. 2021. “Human Capital and Social Capital as Determining Factors of The MSMEs Surviving Ability.” Jurnal Ilmu Manajemen Advantage 5(1): 1–9. https://ejournal.itbwigalumajang.ac.id/index.php/adv/article/view/659 (March 26, 2024).
Salam, Abdus, and Imilda. 2024. “Transformasi Digital UMKM Indonesia Di Era Industri 5.0: Studi Kasus Di Kota Banda Aceh.” Jurnal Manajemen dan Teknologi 1(1): 1–10. doi:10.63447/jmt.v1i1.772.
Saputri, Renza Nadya Jala, Bunga Nadiya, Tyas Anjarwati, Aurelia Septianti, and Oktarizka Reviandani. 2025. “Peran Dinas Koperasi Dalam Optimalisasi E-Katalog Sebagai Sarana Pemberdayaan UMKM Di Sidoarjo.” Future Academia : The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and Advanced 3(2): 1008–36. doi:10.61579/future.v3i2.519.
Shella, Shella, Elisa, Everlin Everlin, Shelia Shelia, and Zona Kharisma Sinta. 2025. “Analisis Peran Platform Digital Dalam Meningkatkan Strategi Pemasaran Dan Penjualan UMKM Di Tepi Laut Tanjungpinang.” Jurnal Ilmiah Raflesia Akuntansi 11(1): 104–12. doi:10.53494/jira.v11i1.834.
Silvia, Vivi, Syifaan Humaira, and Nauval Aziz. 2024. “Pendampingan Pelaku UMKM Dalam Memanfaatkan Platform Digital Di Era Society 5.0 Untuk Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Di Gampong Lam Duro.” Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(2): 333–38. doi:10.30762/welfare.v2i2.1536.
Suwaji, Rifki, Erwin Tjahjuadi, Fida Oktafiani, Rina Indra Sabella, and Agus Iwhan Ariftian. 2025. “Pengembangan Platform E-Commerce Untuk UMKM Lokal Dengan Fokus Pada Produk Ramah Lingkungan.” Journal of Human And Education 5(1): 56–66.
Utamirohmahsari. 2024. “Studi Dampak Ekonomi Digital Terhadap Pertumbuhan Sektor Usaha.” Jurnal Manajemen Ekonomi & Bisnis Vol 2 No 2 Desember 2024 ISSN: 3025-4124 (Online) Open Access: https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jmeb Studi 2(2): 46–51.
Utomo, Satrio, and Agus Nugroho Harjono. 2021. “Pentingnya Membangun Platform Kolaborasi Multi-Stakeholder Sebagai Key Enabling Factor Dalam Membangun Ekosistem Inovasi Industri 4.0 Di Era New Normal.” Jurnal Informatika Universitas Pamulang 6(1): 67. doi:10.32493/informatika.v6i1.8142.
Vinet, Luc, and Alexei Zhedanov. 2011. “A ‘missing’ Family of Classical Orthogonal Polynomials.” Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical 44(8): 1–14. doi:10.1088/1751-8113/44/8/085201.
Wahyudin, Ahmad, Puji Handayati, Ilmu Manajemen, and Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 2025. “Produk Dalam Mendorong Umkm Go Ekspor Di Era Ekonomi Global Di Pulau Madura.” Jurnal investasi islam 6: 1–13.
Wandi, J I, N Yanti, F Ariani, N Afnita, and ... 2023. “Peningkatan UMKM Berbasis Digital Sebagai Sarana Meningkatkan Pendidikan Anak Di Masyarakat Korong Sigauang, Nagari Sungai Asam, Kabupaten ….” … Masyarakat Bumi … 6(2): 297–304. doi:10.36085/jpmbr.v6i2.5648.
Published
2025-06-30
How to Cite
Rochmawati, T., Rahayu, H. C., & Aini, Y. (2025). Peran Platform Digital Sebagai Sarana Pembangunan Ekosistem Dalam Membangun UMKM Rokan Hulu. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi (JUMPA), 18(1), 148-156. https://doi.org/https://doi.org/10.58431/jumpa.v18i1.321