Kesiapan Pelaku UMKM Di Wisata Religi Sunan Bonang Tuban Dalam Pemanfaatan QRIS Sebagai Media Pembayaran
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan pelaku UMKM dalam menggunakan Quick Response Indonesian Standart (QRIS) sebagai alat pembayaran digital, pendekatan Technology Readiness Index (TRI) digunakan untuk mengukur yang empat dimensi: optimism, innovativeness, discomfort, dan insecurity. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi langsung terhadap pelaku UMKM di kawasan Wisata Religi Sunan Bonang Tuban. Dari delapan informan, hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 59,38% pelaku UMKM menunjukkan sikap optimis dan 37,13% inovatif dalam mengadopsi QRIS. Namun dari ke empat dimensi, sebesar 61,88% discomfort dan 58% insecurity menjadi faktor utama yang menghambat kesiapan terhadap penggunaan QRIS. Hal ini dikarenakan masih banyak yang merasa tidak nyaman dan ragu terhadap keandalan sistem, terutama karena keterbatasan pemahaman dan kekhawatiran terhadap gangguan teknis. Rata-rata tingkat kesiapan hanya mencapai 44,11% yang mencerminkan bahwa pemanfaatan teknologi digital masih tergolong rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan pelatihan, edukasi literasi digital, dan pendampingan teknis secara berkelanjutan. Dukungan dari berbagai pihaktek sangat diperlukan untuk mendorong penggunaan QRIS secara optimal dalam mendukung transformasi digital UMKM.
References
Astiti, N. P. Y., Prayoga, I. M. S., & Imbayani, I. G. A. (2023). Technology Readiness Index Dalam Pengadopsian Sistem Pembayaran Qriss. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 5(1), 51–57. https://doi.org/10.22225/wmbj.5.1.2023.51-57
Bank Indonesia. (2020). Pengertian QRIS. https://www.bi.go.id/id/edukasi/Documents/Bahan-Sosialisasi-QRIS.pdf
Dwitri, W. (2024). Indonesia.go.id - UMKM Indonesia Makin Kuat: Program Level Up 2024 Siap Dorong Digitalisasi Bisnis. https://indonesia.go.id/kategori/editorial/8587/umkm-indonesia-makin-kuat-program-level-up-2024-siap-dorong-digitalisasi-bisnis
Fatimah, D. A., Rahmahwaty, & Prastya, H. (2023). Analisa Kemudahan, Knowledge Dan Security Terhadap Quick Response Indonesia Standard (Qris) Pada Umkm Di Kota Bandar Lampung. Journal of Interdisciplinary Science and Education, 3(2), 55–64. https://doi.org/10.70371/jise.v3i2.106
Fauziyah, L., & Prajawati, M. I. (2023). Persepsi dan Risiko QRIS sebagai Alat Transaksi Bagi UMKM. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(2), 1159. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i2.987
Hairani, F., Damanik, R., & Budhi, A. F. (2024). Pengaruh Penggunaan Qris Untuk Meningkatkan Efektifitas Dan Efisiensi Pembayaran Umkm Di Medan. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB), 1(3), 166–171.
Herlina, Suhardi, Astuti, N., & Hamdan. (2025). Qris Adoption Determinants: Analysis of the Role of Ease of Use, Trust, and Promotion With User Satisfaction As an Intervening. Sibatik Journal | Volume, 4(4), 289–306. https://doi.org/https://doi.org/10.54443/sibatik.v4i4.2651
Hidayatulah, I. A., Wardhani, R. S., & Sumiyati. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Kepercayaan, Efektivitas, dan Risiko terhadap Minat Menggunakan QRIS pada UMKM di kota Pangkalpinang. https://doi.org/https://doi.org/10.33019/ijab.v5i1.54
Kisbiyanti, I., Sukristyanto, A., & Basyar, M. R. (2024). Strategi Pengembangan Wisata Makam Sunan Bonang Untuk Meningkatkan Kunjungan Di Kabupaten Tuban. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469), 4(05), 35–46. https://doi.org/https://doi.org/10.69957/praob.v4i05.1632
Mahgfiroh, R. K., Indriastuti, H., & Martiyanti, D. (2025). The Influence of Technology Readiness and Perceived Ease of Use on the Decision to Use QRIS as a Digital Payment through Perceived Utility. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 06, 93–101. www.ajhssr.com
Muslimawati, M. (2024). Analisis Penggunaan Aplikasi QRIS Sebagai Alat Pembayaran Non Tunai Untuk Mempermudah Transaksi Bagi Pelaku Usaha UMKM Di Kecamatan Abepura, Kota Jayapura. Lajumen : Lajagoe Journal Management And Business, 2 No. 1, 185–196.
Mustofa, Maghfiroh, A., & Musaiyadi. (2024). Efektivitas Program Kredit Usaha Rakyat ( KUR ) dalam Mendorong Masyarakat UMKM di Kabupaten Jember pada Bank Rakyat Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi (JUMPA), 17(1). https://doi.org/https://doi.org/10.58431/jumpa.v17i1.248
Nurainina, F., & Asmara, K. (2022). Jumlah Wisatawan, Jumlah Hotel, dan Jumlah Objek Wisata terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tuban. Jurnal Ekobistek, 11(3), 245–250. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v11i3.364
Parasuraman, A. (2000). Technology Readiness Index (TRI) A Multiple-Item Scale to Measure Readiness to Embrace New Tecnologies. Journal of Service Research, 2(4), 307–320.
Raisa, A., Hasnah, Mawaddah, I., Melati, R., & Maesaroh, S. S. (2024). Analisis Pengalaman UMKM Makanan dan Minuman dalam Mengimplementasikan Sistem QRIS di Jawa Barat (pp. 6701–6710). https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Rozudin, M., Ciptomulyono, U., & Rahardjo, J. (2023). Menjelajahi Model Kesiapan dan Penerimaan Teknologi Bravo Menggunakan Model Integrasi Technology Readiness and Technology Acceptance Model: StudI Literatur. Economics and Digital Business Review, 4(2), 327–341. https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/view/607%0Ahttps://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/download/607/403
Rustendi, T. (2022). Pendekatan Kuantitatif Dalam Studi Kasus Pada Penelitian Bidang Akuntansi. Jurnal Akuntansi, 17(1), 24–37. https://doi.org/10.37058/jak.v17i1.6736
Setiawan, I. W. A., & Mahyuni, L. P. (2020). Qris Di Mata Umkm: Eksplorasi Persepsi Dan Intensi Umkm Menggunakan Qris. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, October, 921. https://doi.org/10.24843/eeb.2020.v09.i10.p01
Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Universitas Sumatera Utara. Jurnal Managemen Bisnis, 17(2), 287–297. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Ke-2). Alfabeta.
Yolency. (2024). Diskopumdag Tuban Getol Lakukan Pendataan Lengkap UMKM 2024, Ini Progresnya. https://tubankab.go.id/entry/diskopumdag-tuban-getol-lakukan-pendataan-lengkap-umkm-2024-ini-progresnya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.