Framing Effect dan Self-efficacy Dalam Pengambilan Keputusan Pengelolaan Perusahaan Oleh Direktur Utama

  • Ayu Pawistri Sulistiowati Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini merupakan basic research dengan tujuan untuk menguak lebih dalam apakah dalam pengambilan keputusan suatu perusahaan oleh seorang Direktur Utama juga tidak lepas akan framing effect dan mendalami efek self efficacy yang dimiliki oleh seorang “atasan” berpengaruh dalam kebijakan yang dibuatnya. Dalam Teori Prospek yang mengamati fenomena perilaku manusia yang khususnya dalam pengambilan keputusan. Teori Prospek memprediksi bahwa keputusan yang diambil seseorang akan bergantung pada suatu informasi yang dibingkai sehingga dapat melihat dari satu perspektif saja, (Kahneman, 2011; Cahyanti et al., 2021). Selain itu keputusan juga dipengaruhi oleh Self efficacy yang berkaitan dengan keyakinan diri seseorang dalam mencapai tujuan yang ditetapkan dan cara mengatasi risiko yang sedang dihadapi sehingga membentuk persepsi dalam menilai kemampuannya sendiri terhadap suatu tugas yang dikerjakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan melakukan wawancara singkat untuk mendalami hasil dan memperoleh data atau informasi yang dibutuhkan. Beberapa peneltian framing effect dan self efficacy mengacu pada pemilihan bentuk investais. Namun penelitian ini mendalami efek dari framing effect dan self efficacy yang dialami oleh Direktur Utama dalam mengambil keputusan dan menetapkan kebijakan yang dibuatnya dalam perusahaan.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya terdapat framing effect dan efek self efficacy dalam pengambilan kebijakan perusahaan yang dilakukan oleh Direktur Utama. 

References

Erlinda & Sukirno. (2014). Pengaruh Framing Effect Terhadap Pengambilan Keputusan Investasi Denga Locus Of Control Sebagai Variabel Pemoderasi. Nominal Jurnal Vol 3 No 1. https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal/article/view/2153/1791
Andrei & Liviu. (2011). Cognitive reappraisal reduces the susceptibility to the framing effect in economic decision making. Personality and Individual Differences Jurnal Vol 51(4), 478-482. https://doi.org/10.1016/j.paid.2011.04.020
Xioming & Huizhang. (2018). Influence of emotion and cognitive demand on frame effect in crisis decision-making. Pattern Recognition Letters Journal Vol 116, 262-265. https://doi.org/10.1016/j.patrec.2018.10.026
Sammy & Brian et al. (2008). Framing effect debiasing in medical decision making. Patient Education and Counseling Vol 71(1), 102-107. https://doi.org/10.1016/j.pec.2007.11.004
Emmanual & Rafael et al. (2023). Mental accounting and decision making: a systematic literature review. Journal of Behavioral Experimental Economic Vol 107. https://doi.org/10.1016/j.socec.2023.102092
Saisun & Jianping. (2022). Domain-specific neural substrates underlie the framing effect. Neuroimage: Report Vol 2(4). https://doi.org/10.1016/j.ynirp.2022.100119
Hideaki et al. (2020). Framing effect on financial and health problems in gambling disorder. Addictive Behaviors vol 110. https://doi.org/10.1016/j.addbeh.2020.106502
Connie, john Paul & Rajesh. (2002). Framing effects within the ethical decision making process of consumers. Jpural of Business Ethics Vol 36, 119-140. https://link.springer.com/article/10.1023/A:1014229124279#citeas
William A, et al. (2014). How framed information and justification impact budgeting decisions. Advanced in Management Accounting Vol 23. https://doi.org/10.1108/S1474-787120140000023006
Yahya & Jen. (2013). Pengaruh framing effect sebagai determinan escalation of commitment dalam keputusan investasi: Dampak dari working experiences. Jurnal Akuntansi Vol 4 No 2. https://doi.org/10.28932/jam.v4i2.347
Janie, Shin-Hui & Rong-reuy. (2002). An empirical examination of competing theories to explain the framing effect in accounting-related decision. Behavioral research in accounting 14(1), 35-64. https://doi.org/10.2308/bria.2002.14.1.35
Arovia, arisyahidin & Talkah. (2021). Dampak framing effect dan self-efficacy dalam pengambilan keputusan investasi (analisis program “mini gold: semua bisa punya emas”). Jurnal Ilmu Manajemen Vol 10(1). https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v10i1.1735
Amir, et al. (2020). The impact of judgment and framing on entrepreneurs’ decision-making. Journal of Smaill Business & Entrepreneurship Vol 32. https://doi.org/10.1080/08276331.2018.1551461
Abubakar, A. M., Elrehail, H., Alatailat, M. A., & Elçi, A. (2019). Knowledge management, decision-making style and organizational performance. Journal of Innovation and Knowledge, 4(2), 104–114. https://doi.org/10.1016/j.jik.2017.07.003
Acciarini, C., Brunetta, F., & Boccardelli, P. (2020). Cognitive biases and decision-making strategies in times of change: a systematic literature review. Management Decision, 59(3), 638–652. https://doi.org/10.1108/MD-07-2019-1006
Belay, B. S. (2022). No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים. הארץ, 5(8.5.2017), 2003–2005.

Bella, K., Retnaningdyastuti, T. S., & Ajie, G. R. (2022). Hubungan Self-Efficacy Dengan Pengambilan Keputusan Karier Siswa Kelas Xi Sma Institut Indonesia. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 229–239. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3462
Bougie, R., & Sekaran, U. (2020). Research Methods for Business (M. McDonald (ed.); 3rd ed.). John Wiley & Sons, Inc. https://doi.org/10.1108/et.2007.49.4.336.2
Cahyanti, A. D., Arisyahidin, A., & Talkah, A. (2021). Dampak Framing Effect Dan Self-efficacy Dalam Pengambilan Keputusan Investasi (Analisis Program “Mini Gold: Semua Bisa Punya Emas”). Revitalisasi, 10(1), 157. https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v10i1.1735
Calabretta, G., Gemser, G., & Wijnberg, N. M. (2017). The Interplay between Intuition and Rationality in Strategic Decision Making: A Paradox Perspective. Organization Studies, 38(3–4), 365–401. https://doi.org/10.1177/0170840616655483
Ceschi, A., Costantini, A., Sartori, R., Weller, J., & Di Fabio, A. (2019). Dimensions of decision-making: An evidence-based classification of heuristics and biases. Personality and Individual Differences, 146(July 2018), 188–200. https://doi.org/10.1016/j.paid.2018.07.033
Chen, C. C. (2019). A cross-country study of leisure constraints and option framing effect in Chinese and Taiwanese package tour market. Asia Pacific Management Review, 24(3), 223–231. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2018.06.001
Claudia, G., & Murniati, M. P. (2018). Self-efficacy as The Moderating Variable in Framing Effect on Investment Decision Making. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 16(1), 1.
Hamilton, K., Shih, S. I., & Mohammed, S. (2016). The Development and Validation of the Rational and Intuitive Decision Styles Scale. Journal of Personality Assessment, 98(5), 523–535. https://doi.org/10.1080/00223891.2015.1132426
Hidayat, F., Siregar, S. R., & Nugroho, A. W. (2023). Efek Financial Management Behavior, Self-efficacy, Herding Terhadap Keputusan Investasi Generasi Z (Effects of Financial Management Behavior, Self-Efficacy, Herding on Generation Z Investment Decisions). Akuntansi Bisnis & Manajemen ( ABM ), 30(1). https://doi.org/10.35606/jabm.v30i1.1192
Hodgkinson, G. P., & Sadler-Smith, E. (2018). The dynamics of intuition and analysis in managerial and organizational decision making. Academy of Management Perspectives, 32(4), 473–492. https://doi.org/10.5465/amp.2016.0140
Huang, L., & Pearce, J. L. (2015). Managing the Unknowable: The Effectiveness of Early-stage Investor Gut Feel in Entrepreneurial Investment Decisions. In Administrative Science Quarterly (Vol. 60, Issue 4). https://doi.org/10.1177/0001839215597270
Järvinen, M., & Mik-Meyer, N. (2020). Qualitative Analysis: Eight Approaches for the Social Sciences. In SAGE Open (Vol. 148).
Kurniasari, R. I., Dariyo, A., & Idulfilastri, R. M. (2018). Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Pengambilan Keputusan Karier pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.33367/psi.v3i1.497
Kuntardina A., Safii, Abdul Aziz, and Latifah Anom., (2023) Analisis pengaruh self efficacy, personal networking, public service motivation, dan job participation, sebagai upaya meningkatkan work performance para pengelola desa wisata. BBM (Buletin Bisnis & Manajemen) 9.01: 38-51.
Lewandowski, M. (2017). Prospect theory versus expected utility theory: Assumptions, predictions, intuition and modelling of risk attitudes. Central European Journal of Economic Modelling and Econometrics, 321(4), 275–321.
Nam, Y., Park, H. G., & Kim, Y. H. (2022). Do you favor positive information or dislike negative information? Cultural variations in the derivation of the framing effect. Current Psychology, 41(11), 7911–7917. https://doi.org/10.1007/s12144-020-01234-w
Raffaelli, R., Glynn, M. A., & Tushman, M. (2019). Frame flexibility: The role of cognitive and emotional framing in innovation adoption by incumbent firms. Strategic Management Journal, 40(7), 1013–1039. https://doi.org/10.1002/smj.3011
Ramadhani, P., & Yurniwati. (2025). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Risiko Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal (Studi Kasus Pada Pelaku Umkm Binaan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Di Kota Medan). Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 14(April), 264–281. https://journal.stiem.ac.id/index.php/jureq%0Ahttps://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Stroe, S., Parida, V., & Wincent, J. (2018). Effectuation or causation: An fsQCA analysis of entrepreneurial passion, risk perception, and self-efficacy. Journal of Business Research, 89(January), 265–272. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.01.035
Wattimena, R. A. A. (2017). Tentang Manusia: Dari Pikiran, Pemahaman sampai dengan Perdamaian Dunia. ResearchGate, February 2016, 1–223.
Widiadnyana Pasek, G., Putu Agus Adnyana dan Gde Agung Satria STIE Satya Dharma, I., & Yudistira No, J. (2019). Effect Framing Dalam Pengambilan Keputusan Investasi Tinjauan Dari Kemampuan Numerik (Studi Eksperimen). Jurnal KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 10(2), 125–130. http://dx.doi.org/10.22225/kr.10.2.907.125-130
Yang, Y. Y., & Delgado, M. R. (2025). The integration of self-efficacy and response-efficacy in decision making. Scientific Reports, 15(1), 1–16. https://doi.org/10.1038/s41598-025-85577-z
Published
2025-09-09
How to Cite
Sulistiowati, A. (2025). Framing Effect dan Self-efficacy Dalam Pengambilan Keputusan Pengelolaan Perusahaan Oleh Direktur Utama. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi (JUMPA), 18(2), 264-271. https://doi.org/https://doi.org/10.58431/jumpa.v18i2.336