Strategi Komunikasi Bisnis dalam Meningkatkan Kualitas Audit: Studi Kasus di KAP Gideon Adi dan Rekan Surabaya

  • Shela Ita Nur Hasanah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Febry Fabian Susanto Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi bisnis dalam meningkatkan kualitas audit di KAP Gideon Adi dan Rekan Surabaya. Fokus penelitian adalah bagaimana auditor menerapkan komunikasi dengan klien maupun internal tim audit secara sistematis mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pelaporan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam dengan tiga auditor, observasi partisipan selama magang, serta analisis dokumen audit. Data dianalisis menggunakan teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi pola strategi komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi awal dengan klien melalui pertemuan dan surat perikatan, komunikasi internal tim melalui briefing rutin dan pembagian tugas yang jelas, serta pemanfaatan teknologi komunikasi digital seperti Zoom, email terenkripsi, dan platform berbagi dokumen berperan penting dalam memperlancar proses audit. Strategi tersebut tidak hanya meningkatkan efisiensi kerja tim, tetapi juga memperkuat hubungan profesional dengan klien dan menjaga akuntabilitas proses audit. Implikasi penelitian ini menegaskan bahwa komunikasi efektif merupakan faktor kunci dalam menjamin kualitas audit, sehingga auditor perlu terus mengembangkan keterampilan komunikasi dan adaptasi teknologi di era digital.

References

Ariadi, D., Asmaul Husna, G., Setyo Budiwitjaksono, G., & Veteran Jawa Timur, U. (2022). Analisis Etika Profesi Dalam Era Digitalisasi Pada Kantor Akuntan Publik. 6(2), 2022.
Arista, D., Kuntadi, C., & Pramukty, R. (2023). Pengaruh Audit Tenure, Ukuran Perusahaan, Dan Rotasi Audit Terhadap Kualitas Audit (Literature Review Audit Internal). JURNAL ECONOMINA, 2(6), 1247–1257. https://doi.org/10.55681/economina.v2i6.594
Ayunita, D., & Asbari, M. (2025). Memahami Konsep Dasar Komunikasi Bisnis: A Literature Review. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 2(1), 46–54. https://doi.org/10.70508/P2QHKB26
Dharma, B., Ramadhani, Y., & Ekonomi dan Bisnis Islam, F. (2024). Pentingnya Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Suatu Perusahaan. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 137–143. https://doi.org/10.47467/ELMUJTAMA.V4I1.3209
Dharma, B., Ramadhani, Y., & Reitandi, R. (2023). Pentingnya Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Suatu Perusahaan. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 137–143. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i1.3209
Jr, S. R. (2022). Literature Review: Etika Dan Kode Etik Profesi Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi Kompetif, 5(3), 373–380. https://doi.org/10.35446/AKUNTANSIKOMPETIF.V5I3.1121
Judijanto, L. (2024). Dampak Kualifikasi Auditor dan Penggunaan Teknologi Audit terhadap Efektivitas Proses Audit di Perusahaan Manufaktur di Indonesia. Sanskara Akuntansi Dan Keuangan, 3(01), 25–32. https://doi.org/10.58812/sak.v3.i01
Muhammad, Arrosyid, A., Taufik, M., Apriyadi, R., Aulya, M. N., Agustina, S., Susilawati, S., Salwalani, S., & Firmansyah, R. (2023). Peranan Komunikasi Bisnis Dalam Interpersonal Skills Profesi Sales And Marketing. NIAGAWAN, 12(2).
Putri, A. A., & Kusumawardhany, S. S. (2024). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, dan Komunikasi Audit terhadap Kualitas Audit. https://doi.org/10.55681/economina.v3i12.1596
Putri Anggraeni, A., Mutawalli Dinullah, F., Rhizal Divawan, M., Malinda, R., Putri Saffana, S., Nuryani, S., Firmansyah, R., Teknologi Digital, U., Cibogo Indah No, J., Rancasari, K., Bandung, K., & Barat, J. (2023). Peranan Komunikasi Bisnis Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada Pasar Modern Sinpasa Summarecon. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 3(2). https://doi.org/10.55606/juitik.v3i2.467
Rozali, Y. A. (2022). Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik. In Penggunaan Analisis Konten dan Analisis Tematik Forum Ilmiah (Vol. 19). www.researchgate.net
Sipakoly, S. S. E. (2024). Komunikasi Bisnis. Padang: Takaza Innovatix Labs. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=nCswEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR6&dq=konsep+komunikasi+bisnis+di+kantor+akuntan+publik&ots=odkamlO6MJ&sig=6KFm6hjIsswLUlsLg1H9cYC4fmQ&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Supriyanto, S., Pina, P., Christian, C., & Silvana, V. (2022). Menganalisis Indikator Kualitas Audit Pada Perusahaan Audit Di Indonesia. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(1), 199–210. https://doi.org/10.54443/SIBATIK.V2I1.520
Syahrul Syahrul, Andreas Andreas, & M. Rasuli. (2023). Efektivitas Audit Internal : Dipengaruhi Oleh Faktor Independen, Kemahiran Profesional, Komunikasi Dan Dukungan Top Manajemen. 4(2). https://current.ejournal.unri.ac.id
Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. https://afeksi.id/jurnal/index.php/afeksi/
Winda Prastika, A., Trisnaningsih, S., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2022). Efektivitas Komunikasi Auditor Sebagai Penunjang Pelaksanaan Audit. 2(1), 47–55.
Wulandari, M., Amelia, N. S., Nashobi, M. Z., & Noviyanti, I. (2024). Strategi Adaptasi dalam Menghadapi Perubahan Ekonomi Terbaru. Jurnal Ekonomi STIEP, 9(1), 85–92. https://doi.org/10.54526/JES.V9I1.280
Yuriski, Y. W., Kuntadi, C., Perbanas Institute Jurusan Akuntansi, P., Bhayangkara, U., Raya, J., & Artikel, R. (2022). Pengaruh Independensi, Kompetensi, Dan Implementasi Teknik Audit Berbantuan Komputer Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(3). https://jmi.rivierapublishing.id/
Published
2025-10-06
How to Cite
Hasanah, S., & Susanto, F. (2025). Strategi Komunikasi Bisnis dalam Meningkatkan Kualitas Audit: Studi Kasus di KAP Gideon Adi dan Rekan Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi (JUMPA), 18(2), 331-338. https://doi.org/https://doi.org/10.58431/jumpa.v18i2.339