Pengaruh Kualitas Pelayanan, Variasi Produk, dan Fasilitas terhadap Kepuasan Konsumen pada Toko D’Twins di Gresik Kota Baru
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, variasi produk, dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada Toko D’Twins Gresik Kota Baru. Kepuasan konsumen merupakan faktor penting yang dapat menentukan loyalitas dan keberlanjutan suatu usaha. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 88 Responden, kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, variasi produk, dan fasilitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara parsial, kualitas pelayanan memiliki pengaruh paling dominan dibandingkan dengan variabel lainnya. Temuan ini menunjukkan pentingnya peningkatan mutu layanan, keberagaman produk, serta penyediaan fasilitas yang nyaman untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi manajemen dalam merumuskan strategi peningkatan layanan.
References
Dimas Dwi Kurniawan, Euis Soliha. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada My Kopi O Semarang. YUME : Journal of Management, 5(1), 348 – 358.
Syahfitri, M. N., & Kusnanto, D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Loyal. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(2), 216–237. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i1.567
Fadhli, Khotim dkk, 2021, Pengaruh Pelayanan Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Cv. Afco Group Jombang, Jurnal Inovasi Penelitian, Vol 2 No 3: Agustus 2021 https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/735.
Syahfitri, M. N., & Kusnanto, D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Loyal. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan Bisnis Syariah, 4(2), 216–237. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i1.567
Sanusi,Fauzi dkk, 2017, Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Inovasi Layanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah, Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa (Jrbmt), Vol. 1 (2):hh.167- 178(Nopember 2017) ISSN (Online)2599-0837, https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JR BM/article/download/3152/2395
Anggraini, N. (2021). Analisis Kepuasan Konsumen PT Hawaii Holiday Hotel Pekanbaru. Jurnal Inovasi Penelitian. 1(9) : 1923-1930.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Dr. Meithiana Indrasari. (2019g). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. In Pemasaran (p. 32). Dr. Meithiana Indrasari.
Indrasari, D. M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan (1 ed.). unitomo press. Fandy Tjiptono, (Manajemen Jasa Edisi Pertama, Yogyakarta: Andi
Offset, 2014), hlm 68
Indrasari, M., 2019. Pemasaran & Kepuasan Pelanggan, Pertama. ed. Unitomo Press, Surabaya.
Setyono, H. (2019). “Kualitas Pelayanan sebagai Determinan Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi GrabBike di Yogyakarta”. Jurnal Fokus, 9(2), 191-205.
Rahmandika, Y.F., Listyowati, P., dan Purwanto, H. (2020). Analisis pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen survei pada konsumen biro pariwisata kencana tour di simo boyolali. EKOBIS: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akutansi, 8(1), 65–74.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.