Pengaruh Promosi, Diskon, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Produk di Supermarket The Gourmet

  • Achmad Afif Fajar Pribadi Universitas Gresik
  • Adiba Fuad Syamlan Universitas Gresik
  • Umar Burhan Universitas Gresik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Promosi, Diskon, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Supermarket The Gourmet. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis data kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin atas populasi rata-rata konsumen di Supermarket The Gourmet dalam waktu 3 bulan terakhir total 13.140 konsumen yang berkunjung. Hasil dari rumus slovin tersebut 99,24 yang dibulatkan oleh peneliti jadi 100 sampel. Analisis yang digunakan adalah uji instrumen, asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Promosi, Diskon dan Kualitas Pelayanan memiliki peran kunci dalam meningkatkan keputusan pembelian produk di Supermarket The Gourmet. Oleh karena itu, Supermarket The Gourmet disarankan untuk terus meningkatkan dan memperhatikan aspek-aspek tersebut guna memastikan tercapainya tujuan bisnis yang optimal. 

References

Anggraeni, F. (2016). PENGARUH PROMOSI, DISKON DAN IMPULSE BUYING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HYPERMARKET PTC SURABAYA Prijati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) SURABAYA. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(7), 1–15.
ARTAMEVIAH, R. (2022). Bab ii kajian pustaka bab ii kajian pustaka 2.1. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 12(2004), 6–25.
Azizah, S., & Prasetio, A. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan di Instagram, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Kanz Coffee & Eatery). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 348–359. http://journalfeb.unla.ac.id/index.php/almana/article/view/506
Irfanudin, A. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasann Pelanggan. JURNAL SeMaRaK, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.32493/smk.v2i1.2662
Lonan, J. F., Ogi, I. W. J. M., & Karuntu, M. (2023). Pengaruh Produk, Harga, Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Freshmart Superstore Bahu Manado Terkait Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan Covid19 (Studi Pada Konsumen Freshmart Superstore Bahu Manado) Influence of Product, Price, Promotion on. 186 Jurnal EMBA, 11(3), 186–195. https://jurnal.unigal.ac.id/bmej/article/view/4690
Pranata, I. Y. I., Wahab, Z., Widiyanti, M., & Rosa, A. (2022). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Lazada Indonesia. The Manager Review, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.33369/tmr.v4i1.20328
Sitepu, A., Bisnis, D. A., & Diponegoro, U. (n.d.). Pendahuluan. X(2), 1085–1095.
Sindonews.com. (2019). Buka gerai The Gourmet, Supra Boga Lestari bidik kelas atas Surabaya. Diakses dari https://daerah.sindonews.com/artikel/jatim/12443/buka-gerai-the-gourmet-supra-boga-lestari-bidik-kelas-atas-surabaya
Casa Indonesia. (2020). The Gourmet Supermarket: Belanja Premium dengan 5 Panca Indera. Diakses dari https://www.casaindonesia.com/article/read/12/2020/4117
Ranchmarket.co.id. (2021). Riwayat PT Supra Boga Lestari Tbk. Diakses dari https://www.ranchmarket.co.id/index.php/riwayat
Published
2025-06-30
How to Cite
Pribadi, A., Syamlan, A. F., & Burhan, U. (2025). Pengaruh Promosi, Diskon, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Produk di Supermarket The Gourmet. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi (JUMPA), 18(1), 115-121. https://doi.org/https://doi.org/10.58431/jumpa.v18i1.312