Pengaruh Desain Produk Daya Beli Dan Faktor Budaya terhadap Keputusan Pembelian NCT Merchandise Pada Komunitas NCTzen Gresik
Abstract
Studi ini bertujuan untuk menguji pengaruh desain produk, daya beli dan faktor budaya terhadap keputusan pembelian NCT merchandise pada komunitas NCTzen Gresik. Penelitian ini penting karena ingin membuktikan bahwa dampak penyebaran persaingan pasar K-Pop yang berasal dari industri hiburan Korea Selatan. Merupakan bisnis yang saat ini marak digandrungi dan populer di semua kalangan usia hingga saat ini, adalah produk Merchandise K-Pop yang produknya banyak ditemui di indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda, jumlah sampel yang diambil adalah 104 responden NCTzen Gresik dan pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner dan data diolah menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian, menunjukkan daya beli dan faktor budaya berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian, sedangkan desain produk tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Namun secara simultan desain produk, daya beli dan faktor budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian NCT merchandise. Untuk kedepannya diharapkan desain produk dapat tetap meningkatkan desain produk yang menarik, sehingga dapat mempertahankan keputusan pembelian NCT merchandise pada NCTzen.
References
Ainurzana, A. A., & Jemadi, J. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan, Kepercayaan, Dan Penggunaan Brand Ambassador K-Pop Idol Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Shopee. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 16(2), 351–366. https://doi.org/10.35508/jom.v16i2.9939
Annisa, O., Marwati, R., Rivan, M. W., & Diwangkara, R. (2024). Studi etnografi perilaku konsumtif fandom nct pada pembelian album dan merchandise k-pop. Journal of Science and Technology, 4(2), 467–490. https://www.researchgate.net/publication/367967567_Fanaticism_of_Consumptive_Behavior_of_Merchandise_Purchasing_in_Student_Boyband_Fans
Ardani, V. E., & Wati, K. M. (2024). Pengaruh Brand Image , Korean Wave , Sikap Fanatisme , dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Ultra Milk Edisi Kolaborasi Stray Kids. 3(3), 76–91.
Ardhiza, A. R., Setianingsih, W. E., & Izzudin, A. (2023). PENGARUH DESIGN PRODUCT, PERSONAL BRANDING, DISTRIBUTION, DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ALBUM K-POP (studi kasus pembeli pada Weverse Shop). Growth, 21(1), 99. https://doi.org/10.36841/growth-journal.v21i1.2811
Circle Chart, Circle Album Chart 2023-2024
m.entertain.naver.com/article/022/00…
Delivered Korea, 2024 K-Pop Merch: Trend & Top Items
https://blog.delivered.co.kr/k-pop/kpop-merch-guide/global-kpop-merch-trend-report-2024/
Asmin, F. (2018). Budaya dan Pembangunan Ekonomi: Sebuah Kajian terhadap Artikel Chavoshbashi dan Kawan-Kawan. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 2(2), 190–212. https://doi.org/10.25139/jsk.v2i2.516
Ciswati, S., & Septayuda, I. (2023). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Laptop. Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian Dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 9(2), 61–71. https://doi.org/10.31869/me.v9i2.4215
Efendi, F. H., Susena, K. C., & Rahman, A. (2024). The Influence Of Product Quality , Price And Brand Image On Wardah Purchase Decisions ( Case Study Of Students In The Management Program Of Dehasen Pengaruh Kualitas Produk , Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Wardah ( Study Kasus Mahasisw. 4(1), 9–18.
Fadhilah, A. N., Nandang, & Rachmani, N. N. (2024). Keputusan Pembelian Merchandise K-Pop Ditinjau dari Promosi Pada Online Shop Sunfloca di Media Sosial Twitter. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech), 7(2), 499–507.
Hijra Hijra. (2022). Pengaruh Korean Wave Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Scarlett Di Makassar). CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 2(4), 01–15. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v2i4.407
Imaningtyas, R., Sangadji, E. M., & Nurhayati, D. (2023). Pengaruh Budaya, Sosial, Dan Pribadi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Innisfree Produksi Korea Di Kota Pasuruan. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(5), 170–178.
Kasmawati, Liling Listyawati, D. S. L. (2024). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Bukit Amaish Café dan Resto Kasmawati, Liling Listyawati, Damajanti Sri Lestari SAB – Vol. 2 No. 1 Tahun 2024. Soetomo Administrasi Bisnis, 2(1), 1–14.
Prajnaparamita, C. X. (2023). Pengaruh Desain Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Idola Melalui Minat Beli (Studi Kasus Pada Komunitas ARMY Surabaya) Khuzaini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 1–18.
Prof. Dr. Ir. Amos Neolaka, M. P. (2019). Isu-isu Kritis Pendidikan: Utama dan Tetap Penting Namun Terabaikan. https://books.google.co.id/books?id=Wb-NDwAAQBAJ
Puji Nurjanah, N. E. I. (2022). Pengaruh Fanatisme Dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Kpop (Studi Kasus Pada Komunitas Penggemar Grup Kpop Svt Di Dki Jakarta). Jurnal Administrasi Bisnis 2016, 4(4), 1–7.
Rahmadani, A., & Anggarini, Y. (2021). Pengaruh Korean Wave dan Brand Ambassador pada Pengambilan Keputusan Konsumen. Telaah Bisnis, 22(1), 59. https://doi.org/10.35917/tb.v22i1.225
Rahmawati, L., Fadhilah, M., & Cahya, A. D. (2024). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Brand Erigo Di Indonesia. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 13(02), 481–495. https://doi.org/10.22437/jmk.v13i02.31741
Romadlon, C., & Effrisanti, Y. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Lemonilo Pada Nctzen Kediri. JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 105. https://doi.org/10.32682/jpekbm.v7i1.3177
Romli, M. E. (2020). Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 16(4), 296. https://doi.org/10.31851/jmwe.v16i4.3726
Sofiatullah, P. A. (2024). Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi ( RITMIK ) Dampak Daya Beli terhadap Keputusan Pembelian Produk Mebel di Masa Pandemi. 6(4), 335–342.
Tauran, A., Gemenop, J., Wattimena, L. N., & Lahallo, F. F. (2024). Pelatihan Pembuatan Produk Hiasan Buah Merah Dari Kawat Buluh Pada Remaja Kompleks Malanu , Kota Sorong. 1(02), 54–60.
Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746
Wardani, D., Veronica, M., & Wulandari, T. (2024). Pengaruh Perilaku Konsumen, Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Eonnie KPOP Store Palembang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 6437–6447.
Lo, C. (2024). TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ALBUM DAN MERCHANDISE K-POP. 43–52.
Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2018). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, edisi Pertama. Penerbit: BPFE, Yogyakarta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.