Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Kelengkapan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Kenby's di Kabupaten Gresik

  • Elsya Dwi Ervita Universitas Gresik
  • Suharto Suharto Universitas Gresik
  • Mochamad Syafii Universitas Gresik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, dan kelengkapan produk terhadap kepuasan konsumen pada Toko Kenby’s di Kabupaten Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 89 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda yang diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan, persepsi harga, dan kelengkapan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara simultan, ketiga variabel tersebut juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa peningkatan ketiga variabel tersebut dapat menjadi strategi penting dalam mempertahankan loyalitas konsumen dan daya saing toko di tengah persaingan bisnis ritel yang kompetitif.

 

Abstract

This research aims to analyze the effect of service quality, price perception, and product completeness on consumer satisfaction at Kenby’s Store in Gresik Regency. The research method used is a quantitative approach with purposive sampling technique. The sample size is 89 respondents. Data analysis technique used is multiple linear regression processed with SPSS. The results indicate that partially, service quality, price perception, and product completeness have a positive and significant effect on consumer satisfaction. Simultaneously, all three variables also have a significant effect on consumer satisfaction. This research implies that increasing these three variables can be an important strategy in maintaining consumer loyalty and store competitiveness amid competitive retail business competition.

References

Aspiani (2018) , “Pengaruh Pelayanan terhadap kepuasan Pelanggan pada Pengguna jasa Transportasi Grab Online di Kota Makasar” Jurnal.
Dzikra, F. M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Mobil Ud. Sari Motor Di Pekanbaru. Eko Dan Bisnis: Riau Economic And Business Review, 11(3), 262-267.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 26 (Cetakan IX). badan penerbit universitas diponegoro.
Indrasari, D. M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan (1 ed.). unitomo press.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketting Management. Prentice Hall Internasional.
Renald, V., Rosyafah, S., & Noviandari, I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Supravisual Mandiri Surabaya. Benchmark, 1(2), 105–113. https://doi.org/10.46821/benchmark.v1i2.148
Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN BISNIS Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D (Edisi ke-3). ALFABETA CV.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality & Satisfaction edisi 3,Yogyakarta: Andi.
Published
2025-06-30
How to Cite
Ervita, E., Suharto, S., & Syafii, M. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Kelengkapan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Kenby’s di Kabupaten Gresik. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi (JUMPA), 18(1), 157-162. https://doi.org/https://doi.org/10.58431/jumpa.v18i1.303