Pengaruh Harga, Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Angkringan di Kabupaten Gresik
Abstract
Studi ini mengkaji bagaimana harga, fasilitas, dan kualitas layanan memengaruhi keinginan pelanggan untuk membeli kembali di Angkringan Roromendut di Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan pengumpulan data dari 95 orang melalui kuesioner. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan SPSS. Temuan menunjukkan bahwa harga, fasilitas, dan kualitas layanan secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat beli ulang. Jika dilihat secara individual, masing-masing faktor ini juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Hasil ini memberikan wawasan yang bermanfaat bagi pemilik bisnis makanan untuk meningkatkan daya saing dengan menerapkan penetapan harga yang lebih baik, menawarkan fasilitas yang baik, dan meningkatkan kualitas layanan
References
Amirudin, A., Anggraini, R. R., & Hermawan, H. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko UMKM Global Bakery Parung Bogor. Jurnal Ilmiah M-Progress, 14(2), 246-254.
Andriyanti, E., & Farida, S. N. (2022, March). Pengaruh Viral Marketing Shopee Affiliate, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Indonesia (Studi Pada Generasi Z Pengguna Tiktok Di Sidoarjo). In Forbiswira Forum Bisnis Dan Kewirausahaan (Vol. 11, No. 2, pp. 228241).
Arianto, N., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis, 3(2).
Ariyanto, A., Bangun, R., Indillah, M. R. M., Trenggana, A. F. M., Sholihah, D. R., Ariyanti, M., & Bancin, J. B. B. (2023). Manajemen Pemasaran.
Ermawati, E., Utami, R. P., & Pakawaru, I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Nasi Kuning Puput Di Kayumalue. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(2), 3656.
Ghozali, I. 2015.Aplikasi Analisis Multivariate dengan ProgramSPSS.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hidayat, S., & Aulia, R. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 14(2), 123-135.
Kotler, Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga
Kotler, Keller. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga
Kurnia, L., Tresnati, R., & Akbar, M. M. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk
terhadap Minat Beli Konsumen. Prosiding Manajemen, 13261331.
Lestariningsih, W., Azahari, H., & Parwono, T. (2022). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen. KENDALI: Economics and Social Humanities, 1(2), 96-104.
Manurung, H. P., Lenidar, L., & Andini, T. D. (2022, November). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Indomaret Tanjung Tiram. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.
Maulidiah, E. P., Survival, S., & Budiantono, B. (2023). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kualitas Pelayanan Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Economina, 2(3), 727-737.
Milansari, H., Silmi, M. A., Vhegi, S., & Supriadi, I. (2021). A. Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Sweetin. Inovasi Manajemen Dan Kebijakan Publik,
4(1), 1-1.
Pratiwi, D., & Rahmawati, E. (2022). Pengaruh Fasilitas Terhadap Loyalitas Pelanggan di Sektor Kuliner. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 9(1), 45-57.
Permatasari, D. J., & Nugroho, A. T. (2022). Minat Beli Pengguna Kartu By. U Di Bekasi: Kemudahan Penggunaan, Fasilitas, Dan Citra Merek. Jurnal Pelita Ilmu, 16(01), 52- 63.
Poluan, J. G., & Karuntu, M. M. (2022). Pengaruh harga, kualitas produk dan layanan
terhadap minat beli sapi potong selama masa pandemi covid-19 di Pasar Beriman Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 1075-1088.
Putra, D. R., & Prasetyawati, Y. R. (2021). Pengaruh green product terhadap minat beli
ulang konsumen melalui green advertising (Studi Terhadap Konsumen Starbucks). Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(2), 69-74.
Sari, S. P. (2020). Hubungan minat beli dengan keputusan pembelian pada konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147.
Septyadi, M. A. K., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature review keputusan pembelian dan minat beli konsumen pada smartphone: harga dan promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 301-313.
Shabirah, A., Hawariyyah, M. T., Yanti, O. D., & Sihombing, S. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan, Harga Tiket dan Fasilitas Penerbangan terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi Kasus Maskapai Super Air Jet. Jurnal Siber Transportasi dan Logistik, 1(4), 181-188.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyatna, W., Rachmawan, A., & Zakaria, Z. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pempek Syifa Bojongsari, Depok Jawa Barat. JURNAL SeMaRaK; Vol. 5 No. 3 (2022): Jurnal Semarak; 30-49 ; 2622-3686 ;2615-6849
Sutrisna, S., & Sutisna, N. (2024). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Fasilitas dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Pengguna Kartu Live. On di Karawang. Jurnal Tadbir Peradaban, 4(1), 62-70.
Tania, A. E., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 75-84.
Ummi, N., Sayekti, R., & Faturrahman, M. (2024). Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Referensi dalam Memenuhi Kebutuhan Pemustaka di Perpustakaan Universitas Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (JUPENDIS), 2(4), 425-438.
Wijaya, A., Simarmata, H. M. P., Chandra, E., Fahri, M. I., & Sisca, S. (2021). Pengaruh Fasilitas Terhadap Minat Beli Konsumen Dengan Word of Mouth Sebagai Pemediasi Pada Publik Kopi Pematangsiantar. SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan, 9(2), 175-184.
Zebua, L. D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Di Toko Imelda Ponsel Telukdalam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 5(1), 15-19.
Zed, E. Z., Fitters, M. A., Diningrat, D. J., Irawan, R., & Al Munawar, F. (2024). Pengaruh Lokasi, Harga Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Konsumen Pada Usaha Angkringan Skuterlabs. Jurnal Studi Multidisipliner, 8(6).
Zullaihah, R., & Setyawati, H. A. (2021). Analisis Pengaruh Iklan, Identitas Merek, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(1), 169-184.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.